Menakar Laju Investasi Swasta di Bisnis Jalan Tol

Investasi di sektor jalan tol Indonesia menjanjikan peluang yang sangat besar baik bagi para investor lokal maupun mancanegara.

Zufrizal

8 Mar 2022 - 19.48
A-
A+
Menakar Laju Investasi Swasta di Bisnis Jalan Tol

Foto udara Simpang Susun Cileunyi penghubung tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (24/1/2022).-Bisnis/Rachman

Bisnis, JAKARTA — Hingga 4 Februari 2022, panjang jalan tol yang beroperasi di Indonesia tercatat 2.485,61 kilometer yang mencakup menjadi 67 ruas.

Jalan tol tersebut dikelola dan dioperasikan oleh 45 badan usaha jalan tol (BUJT) yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, hingga Pulau Bali.

Badan usaha milik negara masih menjadi penguasa bisnis jalan tol di Tanah Air. Jika diakumulasikan, BUMN jalan tol seperti PT Jasa Marga Tbk. dan BUMN Karya seperti PT Hutama Karya, PT Waskita Karya dan anak perusahaan mereka menguasai lebih dari 70% panjang jalan tol di Tanah Air.

Jasa Marga, misalnya, hingga pertengahan September 2021, menguasai pangsa pasar sebesar 51% dari total jalan tol operasi di Indonesia atau sepanjang 1.246 km. Adapun total konsesi jalan tol yang dimiliki oleh Jasa Marga hingga saat itu mencapai 1.603 km. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menakar Laju Investasi Swasta di Bisnis Jalan Tol

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.