Menakar Laju Kredit Sindikasi di Tengah Impitan Inflasi

Tren positif pembiayaan sindikasi oleh perbankan dan lembaga keuangan diproyeksikan terus berlanjut hingga akhir 2022. Ekonom menilai masih ada sejumlah sektor yang berpotensi untuk dibiayai.

Emanuel Berkah Caesario

12 Sep 2022 - 20.03
A-
A+
Menakar Laju Kredit Sindikasi di Tengah Impitan Inflasi

Kredit. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Gairah korporasi untuk melakukan pembiayaan terhadap kebutuhan ekspansi bisnisnya diyakini tidak bakal surut hingga akhir tahun ini, meski tengah dibayangi oleh sentimen pelemahan daya beli masyarakat akibat kenaikan suku bunga acuan dan inflasi.

Seiring dengan itu, laju penyaluran kredit sindikasi perbankan, atau kredit yang diberikan secara bersama-sama oleh sekelompok bank untuk satu debitur, masih berpotensi untuk meningkatkan juga. Beberapa sektor usaha pun masih potensial di tengah sentimen risiko yang ada saat ini.

Adapun, hingga pertengahan September 2022 ini, pembiayaan sindikasi perbankan dan lembaga keuangan telah mencapai US$16,61 miliar. Sebagai pembanding, pada akhir September 2021, pembiayaan sindikasi tercatat sebesar US$17,13 miliar.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. masih menjadi penguasa pasar pembiayaan secara sindikasi dengan market share hingga 22 persen, disusul PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. dengan market share sekitar 18 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menakar Laju Kredit Sindikasi di Tengah Impitan Inflasi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.