Menakar Nasib Bisnis Properti Jakarta Bila Ibu Kota Pindah

Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia akan pindah dari Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur pada 2024 mendatang. Artinya Jakarta tak lagi menyandang status IKN. Hal ini pun menjadi sebuah kekhawatiran tersendiri tentang nasib bisnis properti di Jakarta dan kota-kota satelit sekitarnya.

Yanita Petriella

23 Apr 2022 - 09.39
A-
A+
Menakar Nasib Bisnis Properti Jakarta Bila Ibu Kota Pindah

Design Kawasan IKN di Nusantara, Kalimantan Timur. /dok. Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia akan pindah dari Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur pada 2024 mendatang. Tentu kantor pemerintahan pusat pun turut serta pindah ke Nusantara yang terletak di kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). 

Jakarta pun nantinya tak lagi menyandang status ibu kota. Hal ini pun menjadi sebuah kekhawatiran tersendiri tentang nasib bisnis properti di Jakarta dan kota-kota satelit sekitarnya ke depannya. 

Ketua DPD Real Estat Indonesia (REI) DKI Jakarta Arvin Fibrianto Iskandar meyakini para calon investor masih memilih menanamkan modal ke industri properti di Jakarta meski status ibu kota tak lagi dipegang oleh Jakarta.

Jakarta nantinya tak menjadi IKN tetapi aktivitas ekonomi dan bisnis masih akan terpusat di Jakarta. Dia mencontohkan negara besar seperti Amerika Serikat yang memindahkan ibu kotanya dari New York ke Washington DC dimana Washington DC bukan menjadi pilihan utama untuk berinvestasi. Berkaca dari negara tersebut, diyakini Jakarta akan tetap menjadi pilihan berinvestasi terutama untuk sektor properti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menakar Nasib Bisnis Properti Jakarta Bila Ibu Kota Pindah

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.