Menakar Prospek IHSG 2023, Bakal Tembus 8.000?

Kinerja IHSG sepanjang 2022 sangat bergejolak, meski akhirnya tetap ditutup bertumbuh dibanding posisi akhir tahun 2021. Tahun depan, IHSG masih bakal menghadapi tantangan yang berat. Namun, peluang pertumbuhan yang pesat pun cukup terbuka.

Emanuel Berkah Caesario

30 Des 2022 - 19.56
A-
A+
Menakar Prospek IHSG 2023, Bakal Tembus 8.000?

Pegawai mengamati layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (27/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA — Kinerja pasar saham Indonesia sepanjang 2022 sangat bergejolak. IHSG sempat melonjak hingga menyentuh rekor di level 7.300-an, lalu anjlok lagi hingga ke 6.500-an. Pola yang sama berulang hingga akhir tahun, meski akhirnya pasar berhasil ditutup di zona hijau.

Kinerja pasar saham Indonesia yang diwakili oleh indeks harga saham gabungan (IHSG) berhasil tetap ditutup di zona hijau hingga hari terakhir perdagangan tahun ini, Jumat (30/12/2022). IHSG berakhir di level 6.850,619. Sepanjang tahun berjalan 2022, IHSG terpantau naik 4,09 persen year-to-date (YtD).

IHSG sempat bertahan sebagai indeks komposit dengan kinerja terbaik di Asia Tenggara dan Asia Pasifik tahun ini, tetapi akhirnya gagal mempertahankan predikat tersebut. Di akhir tahun ini, IHSG berada di urutan kedua Asia Tenggara dan urutan ketiga Asia Pasifik.

Kegagalan ini terjadi seiring dengan lemahnya kinerja IHSG di bulan terakhir tahun ini. IHSG tidak menikmati kehadiran fenomena window dressing ataupun santa claus rally pada Desember 2022 ini, justru anjlok 2,41 persen dalam sebulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menakar Prospek IHSG 2023, Bakal Tembus 8.000?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.