Menakar Risiko Pembengkakan Utang Luar Negeri

Meningkatnya utang luar negeri dapat menimbulkan sejumlah risiko bagi ketahanan fiskal nasional. Meskipun penggunaan ULN yang strategis dan efisien bisa membantu pembangunan ekonomi, beberapa risiko harus dikelola dengan cermat.

Feni Freycinetia Fitri & Yusuf Waluyo Jati

15 Feb 2024 - 21.45
A-
A+
Menakar Risiko Pembengkakan Utang Luar Negeri

Illustration - Debt.

Bisnis, JAKARTA – Di tengah narasi pembangunan infrastruktur negara yang terus menanjak, Indonesia dihadapkan pada dilema yang tak terelakkan: pembengkakan Utang Luar Negeri dan ketahanan ekonomi nasional. 

Hingga  akhir tahun lalu, Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia membukukan angka yang signifikan, tercatat sebesar US$407,1 miliar atau setara dengan Rp6.359 triliun (kurs Rp15.621 per dolar AS). Angka ini menunjukkan pertumbuhan tahunan sebesar 2,7%.

Peningkatan ini menandai suatu fase dalam dinamika ekonomi Indonesia, terutama mengingat bahwa pertumbuhan ini lebih tinggi dibandingkan dengan periode sebelumnya yang hanya 0,02% (year-on-year/YoY). 

Publik banyak yang khawatir meningkatnya ULN dapat menimbulkan sejumlah risiko bagi ketahanan fiskal nasional. Meskipun penggunaan ULN yang strategis dan efisien bisa membantu pembangunan ekonomi, beberapa risiko harus dikelola dengan cermat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yusuf Waluyo Jati
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.