Menangkap Berkah Ekonomi Pergerakan Arus Libur Nataru

Mobilitas masyarakat selama Nataru 2024 masih cenderung rendah dibanding pada 2019 atau sebelum pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan ekonomi masyarakat saat ini belum pulih sepenuhnya meski status pandemi Covid-19 sudah dicabut sejak akhir 2022.

Redaksi

3 Jan 2024 - 20.33
A-
A+
Menangkap Berkah Ekonomi Pergerakan Arus Libur Nataru

Stasiun pasar Senen Nataru

Bisnis, JAKARTA – Ingar bingar libur perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 sebentar lagi usai. Masyarakat pun mulai kembali beraktivitas sekolah dan bekerja seperti sedia kala. 

Momen libur Nataru ini membawa berkah bagi dunia pariwisata dan sekaligus perekonomian nasional. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno mengatakan libur Nataru 2023/2024 memberikan efek positif untuk perekonomian nasional. Berdasarkan perhitungannya, terdapat kontribusi lebih dari Rp108 triliun terhadap perekonomian nasional. Kontribusi tersebut berasal dari pergerakan libur Nataru antara 107 juta hingga 110 juta wisatawan. Adapun, Kemenparekraf menargetkan sektor pariwisata dapat menyumbang Rp120 triliun terhadap kontribusi perekonomian nasional.

Total tersebut termasuk akomodasi, hotel, dan restoran dari tingkat keterisian atau occupancy rate 70% selama 10 hari berdasarkan jumlah 15.500 kamar yang dihargai sekitar Rp1 juta,” ujarnya, Rabu (3/1/2023). 

Berdasarkan survei yang dilakukan ke kemenparekraf, sebanyak 60% wisatawan nusantara (wisnus) menggunakan kendaraan pribadi untuk perjalanan wisata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menangkap Berkah Ekonomi Pergerakan Arus Libur Nataru

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.