Menangkap Peluang Besar Perkembangan Industri Mesin Perkakas

Kemampuan produksi industri mesin perkakas di dalam negeri masih terbatas pada produk sederhana skala light dan medium duty, sehingga neraca dagang di sektor ini selalu mengalami defisit besar. Pertumbuhan manufaktur mestinya menjadi peluang.

Fatkhul Maskur

10 Nov 2022 - 19.30
A-
A+
Menangkap Peluang Besar Perkembangan Industri Mesin Perkakas

Fine tuning mesin kendaraan di pabrik Mercedes Benz. - Foto Mercedes Benz

Bisnis, JAKARTA - Kemampuan produksi industri mesin perkakas di dalam negeri masih terbatas pada produk sederhana skala light dan medium duty, sehingga neraca dagang di sektor ini selalu mengalami defisit besar. Pertumbuhan manufaktur mestinya menjadi peluang.

Industri mesin perkakas merupakan induk dari industri permesinan yang digunakan industri rekayasa untuk menghasilkan komponen mesin dan peralatan. Lingkup industri ini termasuk dalam Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 28221, yaitu kelompok industri mesin/peralatan perkakas mesin untuk pengerjaan logam.

Sampai saat ini industri mesin perkakas masih belum berkembang di dalam negeri masih tergolong jarang dan langka. Ini bisa dilihat data jumlah industri perkakas yang tercatat masih sedikit, tetapi umumnya produsen dalam negeri hanya memproduksi mesin perkakas sederhana, seperti mesin bor, mesin gerinda, mesin lipat pelat tipis. 

Adapun untuk mesin perkakas berdimensi besar dan dilengkapi dengn CNC, praktis sangat terbatas yang bisa membuatnya. Oleh karena itu, kebutuhan mesin perkakas untuk pabrik, bengkel (workshop), dan pendidikan hampir semuanya dipenuhi dari jalur impor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menangkap Peluang Besar Perkembangan Industri Mesin Perkakas

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.