Menangkap Potensi Besar Ceruk Bisnis Penghiliran Nikel Dunia

Dengan potensi besar ceruk bisnis industri penghiliran nikel, wajar saja jika pelaku industri terus memperkuat ancang-ancangnya untuk masuk dalam gelanggang ekosistem kendaraan listrik global dengan membangun fasilitas penghiliran bijih nikel yang dapat menopang industri baterai kendaraan listrik.

Ibeth Nurbaiti

14 Agt 2023 - 20.01
A-
A+
Menangkap Potensi Besar Ceruk Bisnis Penghiliran Nikel Dunia

Aktivitas tungku smelter nikel di PT VDNI di kawasan industri di Kecamatan Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara, Jumat (9/9/2022). Smelter nikel yaitu PT VDNI dan PT OSS yang berada di kawasan tersebut mengadopsi teknologi Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) untuk memproses nikel dan AOD furnace ke produk akhir yaitu stainless steel. ANTARA FOTO/Jojon

Bisnis, JAKARTA — Investasi penghiliran di sektor pertambangan mineral terutama nikel diyakini akan terus meningkat, sejalan dengan makin besarnya kebutuhan dunia terhadap komoditas tersebut terutama untuk bahan baku baterai kendaraan listrik.

Sejalan dengan itu, pemerintah terus berupaya mendorong penghiliran industri nikel di dalam negeri melalui pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) yang berfokus pada penguatan rantai produksi yang berkelanjutan dan terintegrasi sehingga bisa menjadi salah satu produsen tambang nikel terbesar di dunia.

Dalam jangka menengah dan jangka panjang, pemerintah juga memiliki komitmen untuk menjadi pemain nikel global, terutama yang menyuplai bahan baku pembuatan baterai kendaraan listrik dunia.

Terlebih, dengan cadangan nikel yang melimpah bahkan terbesar di dunia, Indonesia pun kini menjadi buruan investor yang ingin mendapatkan komoditas mineral tersebut. Sejak pemerintah melarang ekspor bijih nikel pada 2020, lonjakan investasi pada pabrik smelter nikel di dalam negeri dinilai cukup signifikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.