Menangkap Potensi Devisa Pariwisata Baru dari KEK Kura-Kura Bali

Dalam beleid yang diteken pada 5 April 2023 lalu itu, KEK Kura-Kura Bali memiliki luas 498 hektare yang terletak dalam wilayah Pulau Serangan Provinsi Bali. Kawasan ini diusulkan dan akan dikembangkan oleh PT Bali Turtle Island Development dengan total investasi mencapai Rp104,4 triliun

Yanita Petriella

12 Apr 2023 - 11.20
A-
A+
Menangkap Potensi Devisa Pariwisata Baru dari KEK Kura-Kura Bali

Salah satu destinasi pariwisata di Bali. dok Bisnis.

Bisnis, JAKARTA – Pulau Bali kini telah resmi memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang baru yang bernama KEK Kura-Kura Bali. Kawasan ini ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2023 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Kura-Kura Bali. 

Dalam beleid yang diteken pada 5 April 2023 lalu itu, KEK Kura-Kura Bali memiliki luas 498 hektare yang terletak dalam wilayah Pulau Serangan Provinsi Bali. Penetapan KEK ini dilakukan dengan pertimbangan untuk percepatan penciptaan lapangan kerja dan pengembangan wilayah Kota Denpasar dalam mendukung pengembangan ekonomi wilayah dan ekonomi nasional. 

Wilayah Serangan sebagai bagian wilayah Kota Denpasar, Provinsi Bali telah memenuhi kriteria dan persyaratan untuk ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus. Kegiatan usaha di KEK Kura-Kura Bali yaitu pariwisata dan industri kreatif.

Kawasan ini diusulkan dan akan dikembangkan oleh PT Bali Turtle Island Development. Total investasi di kawasan ini mencapai Rp104,4 triliun yang meliputi investasi kawasan Rp7,9 triliun, investasi lahan Rp6,6 triliun dan investasi pelaku usaha mencapai Rp89,9 triliun. KEK ini juga diproyeksikan membuka 35.036 lapangan pekerjaan langsung dan 64.817 tenaga kerja tidak langsung. Selain itu, juga menyumbang devisa mencapai US$31,8 miliar atau setara Rp474,06 triliun pada saat telah beroperasi penuh pada tahun 2052. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menangkap Potensi Devisa Pariwisata Baru dari KEK Kura-Kura Bali

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.