Menangkap Sinyal Dividen Jumbo 2024 Bank Kelas Kakap

Kalangan bank besar berkomitmen untuk tetap membagikan dividen dengan rasio jumbo tahun 2024 mendatang dari hasil kinerja 2023, mengingat laba yang diperoleh sudah melampaui kebutuhan ekspansi bank-bank tersebut.

Fahmi Ahmad Burhan

14 Des 2023 - 13.35
A-
A+
Menangkap Sinyal Dividen Jumbo 2024 Bank Kelas Kakap

Bisnis, JAKARTA — Bank-bank jumbo masih diperkirakan akan membagikan dividen jumbo untuk pemegang sahamnya pada 2024 mendatang dari hasil laba tahun ini, meskipun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewanti-wanti pelaku perbankan untuk tidak berlebihan dalam membagikan dividennya.

Proyeksi ini sejalan dengan kinerja laba bank-bank besar tahun ini yang tumbuh dengan cukup tinggi, sehingga memberikan ruang yang relatif memadai untuk dibagikan kepada pemegang saham mereka, sembari tetap menyisihkan untuk kebutuhan ekspansi.

Sebagai gambaran, berdasarkan laporan keuangan hingga Oktober 2023, bank-bank jumbo masih mencatatkan kinerja pertumbuhan laba. PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), misalnya, mencatatkan laba bersih Rp40,2 triliun pada Oktober 2023, tumbuh 26,1% secara tahunan (year-on-year/ YoY).

Sementara itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) mencatatkan laba bersih Rp43,4 triliun, naik 7,9% YoY. Laba bersih PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) naik 28,6% YoY menjadi Rp40,5 triliun, sedangkan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) Rp17,3 triliun, naik 11,9% YoY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menangkap Sinyal Dividen Jumbo 2024 Bank Kelas Kakap

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.