Menangkap Window Dressing dan Santa Claus Rally di Akhir Tahun

IHSG masih memiliki peluang menguat pada akhir tahun ini, seiring sentimen window dressing yang biasa terjadi pada akhir tahun.

Rizqi Rajendra

1 Des 2023 - 12.43
A-
A+
Menangkap Window Dressing dan Santa Claus Rally di Akhir Tahun

Ilustrasi IHSG./BISNIS

Bisnis, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menutup perdagangan di hari pertama bulan Desember 2023 dengan mencatatkan pelemahan ke level 7.059 pada Jumat, (1/12/2023). Pelaku pasar pun masih menanti sengatan efek santa claus rally dan window dressing untuk IHSG hingga akhir tahun 2023.

Berdasarkan data RTI, IHSG terkoreksi 0,29% atau 20,83 poin ke level 7.059,90. Sepanjang perdagangan, indeks komposit bergerak di rentang 7.022 hingga 7.083. Sebanyak 217 saham menguat, 338 saham melemah, dan 204 saham stagnan. Alhasil, kapitalisasi pasar tembus Rp11.158 triliun.  

Sepanjang tahun berjalan, IHSG mencatatkan penguatan 3,04% secara year-to-date (ytd) dari posisi 6.850,98 pada 2 Januari 2023. Namun, rata-rata transaksi harian (RNTH) saham masih di kisaran Rp10,54 triliun, atau di bawah target yang ditetapkan Bursa Efek Indonesia (BEI) di angka Rp10,75 triliun.  

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana mengatakan, secara teknikal pergerakan IHSG masih berada di fase uptrend, namun dalam jangka pendek penguatannya relatif terbatas dan rawan terkoreksi terlebih dahulu. 

Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menangkap Window Dressing dan Santa Claus Rally di Akhir Tahun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.