Menanti Akhir Bahagia dari Drama Panjang Blok Masela

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong agar pengeboran lanjutan di proyek LNG Abadi Blok Masela mulai dilakukan pada 2024, setelah revisi kedua rencana pengembangan (plan of development/PoD) disetujui pada 28 November 2023.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi & Ibeth Nurbaiti

5 Des 2023 - 13.53
A-
A+
Menanti Akhir Bahagia dari Drama Panjang Blok Masela

Ilustrasi kegiatan eksplorasi migas lepas pantai. Konsorsium Masela yakni Pertamina dan perusahaan migas asal Malaysia, Petroliam Nasional Berhad atau Petronas bersama dengan Inpex Masela Ltd. tengah berpikir untuk menggandeng mitra baru dalam pengerjaan rencana pengembangan lapangan (plan of development/PoD) proyek LNG Abadi Blok Masela. Istimewa/Dok. Pertamina Hulu Energi

Bisnis, JAKARTA — Proyek gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Abadi Blok Masela menjadi salah satu proyek strategis nasional yang paling diharapkan segera berjalan, mengingat banyaknya manfaat yang akan didapatkan Indonesia dari pengembangan ladang gas tersebut.

Tak hanya dapat menjaga ketahanan pasokan energi di Indonesia, Jepang, dan beberapa negara Asia lainnya, proyek LNG Masela yang terletak sekitar 160 kilometer lepas pantai Pulau Yamdena di Laut Arafura dengan kedalaman 400—800 meter itu sekaligus memberi harapan baru bagi pengembangan industri hulu minyak dan gas bumi yang lebih rendah emisi.

Selain itu, dengan beroperasinya proyek gas Abadi Masela juga menjadi ajang pembuktian bahwa iklim investasi hulu migas di Indonesia sudah sangat kondusif, sehingga dapat mendorong investor migas lainnya untuk berinvestasi di Indonesia.

Impak positif lainnya, operasional Blok Masela juga diyakini akan mendorong pertumbuhan industri di daerah Maluku, seperti industri petrokimia yang menggunakan bahan baku gas. Dengan kata lain, multiplier effect dari Blok Masela akan sangat besar terhadap perekonomian daerah dan nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.