Menanti Akhir dari Sinyal Kuat Kenaikan Harga BBM Subsidi

Kendati Jokowi dalam berbagai kesempatan secara tidak langsung memberikan sinyal kalau APBN tidak akan selamanya kuat menanggung beban subsidi yang kian membengkak seiring dengan lonjakan konsumsi dan harga minyak mentah dunia, nyatanya pemerintah masih menahan harga Pertalite, Solar, dan LPG 3 Kg.

Ibeth Nurbaiti
Aug 15, 2022 - 1:30 PM
A-
A+
Menanti Akhir dari Sinyal Kuat Kenaikan Harga BBM Subsidi

Pengendara mengisi bahan bakar di salah satu SPBU di Jakarta. Pemerintah tengah melakukan penghitungan, jika harga BBM bersubsidi mengalami kenaikan./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis, JAKARTA — Opsi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite terus diembuskan, baik dari kalangan pemerintah maupun praktisi ekonomi, sejalan dengan tren konsumsi komoditas subsidi itu yang kian hari makin tidak terkendali. 

Di sisi lain, keinginan pemerintah agar kuota BBM subsidi tidak jebol demi menjaga postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak makin berat karena subsidi, masih dinilai setengah hati. 

Hingga kini, pemerintah tak kunjung menerbitkan revisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 yang menjadi payung hukum untuk melakukan pembatasan.

Baca juga: Siap-Siap, Inflasi Mungkin Tersambar Kenaikan Harga Pertalite

Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini