Menanti Bara Gairah IPO Global Kembali Bernyala

Setelah mengalami penurunan tajam tahun 2022 lalu, aktivitas IPO global pada 2023 diperkirakan akan membaik, kendati momentum peningkatannya mungkin baru akan terjadi pada paruh kedua nanti. Sementara itu, gairah IPO emiten Indonesia justru sudah membara sejak awal tahun ini.

Emanuel Berkah Caesario

12 Jan 2023 - 19.07
A-
A+
Menanti Bara Gairah IPO Global Kembali Bernyala

Bisnis, JAKARTA — Kondisi ekonomi yang menantang tahun ini bakal menjadikan langkah korporasi untuk global untuk menjajaki permodalan di pasar melalui aksi initial public offering (IPO) kian menantang. Meski demikian, gairah IPO diperkirakan tidak akan surut begitu saja.

Lembaga riset pasar Ernst & Young Indonesia Aksi IPO global sepanjang 2022 mengalami pembelokan tajam ke arah yang berlawanan, setelah pada 2021 sukses memecahkan rekor. Total IPO global tahun lalu mencapai 1.333 emiten, turun 45 persen secara tahunan (year-on-year/ YoY).

Sementara itu, jumlah dana yang dikumpulkan mencapai US$179,5 miliar, turun 61 persen YoY. Rata-rata nilai transaksi pasar juga menurun, seiring dengan rendahnya valuasi dan kinerja pasar saham yang lesu.

Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang mengalami penurunan tajam ini. Bahkan, aktivitas IPO di AS tahun lalu merosot ke posisi terendah dalam 13 tahun terakhir berdasarkan jumlah IPO, dan dalam 20 tahun terakhir berdasarkan nilai IPO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menanti Bara Gairah IPO Global Kembali Bernyala

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.