Menanti Daya Dorong GGRM dan MAPI pada Penguatan Lanjutan LQ45

Perubahan konstituen indeks LQ45 bakal mempengaruhi dinamika emiten-emiten penghuninya maupun indeks LQ45 sendiri. Setelah GGRM dan MAPI resmi bergabung, peluang penguatan kinerja indeks ini makin terbuka.

Emanuel Berkah Caesario

26 Jul 2023 - 16.30
A-
A+
Menanti Daya Dorong GGRM dan MAPI pada Penguatan Lanjutan LQ45

Ilustrasi indeks saham. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Bursa Efek Indonesia mengumumkan dua emiten penghuni baru indeks LQ45, sekaligus mengakhiri spekulasi terkait emiten-emiten yang potensial masuk ke dalam indeks paling bergengsi tersebut. Kedua emiten itu yakni PT Gudang Garam Tbk. (GGRM) dan PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI).

Masuknya kedua emiten tersebut sekaligus menggeser dua emiten lain yang sebelumnya menghuni indeks tersebut, yakni PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. (JPFA) dan PT Timah Tbk. (TINS). 

Perubahan komposisi ini merupakan agenda rutin evaluasi mayor oleh BEI terhadap susunan penghuni LQ45 dengan periode efektif berlaku pada Agustus 2023 hingga Januari 2024.

Saham rokok GGRM milik konglomerat Susilo Wonowidjojo dengan rasio free float 17,16 persen masuk Indeks LQ45 dengan bobot 0,51 persen terhadap indeks. Di sisi lain, saham peritel MAPI dengan rasio free float 48,64 memiliki bobot 0,83 persen terhadap LQ45.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.