Menanti Gairah Harga CPO Meski Dibayangi Penurunan Ekspor

Masih ada keyakinan terhadap harga komoditas crude palm oil atau CPO di tengah gejolak harga minyak mentah dunia hingga penurunan ekspor.

Jessica Gabriela Soehandoko & Afiffah Rahmah Nurdifa

2 Feb 2024 - 16.51
A-
A+
Menanti Gairah Harga CPO Meski Dibayangi Penurunan Ekspor

Pekerja menata kelapa sawit saat panen di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor, Minggu (30/8/2020). Badan Litbang Kementerian ESDM memulai kajian kelayakan pemanfaatan minyak nabati murni (crude palm oil/CPO) untuk pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) hingga Desember 2020. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA— Masih ada keyakinan terhadap harga komoditas sawit atau crude palm oil atau CPO di tengah gejolak harga minyak mentah dunia. Harga CPO juga kembali melemah seiring dengan ekspor yang turun.

Harga CPO atau minyak kelapa sawit di bursa derivatif Malaysia pada Maret 2024 melemah 43 poin menjadi 3.812 ringgit per metrik ton. Sementara kontrak Aril 2024 juga melemah sebesar 47 poin menjadi 3.795 per metrik ton. 

Mengutip Bernama, kontrak berjangka minyak sawit ditutup lebih rendah selama tiga hari berturut-turut.  Direktur Pelaksana Palm Oil Analytics (Fastmarkets) Sathia Varqa mengatakan buruknya ekspor pada bulan Januari 2024, perdagangan berjangka minyak terkait yang lebih rendah, harga minyak kedelai yang lebih rendah dan posisi yang berubah-ubah menjelang hari libur nasional. Sederet kondisi tersebut membuat pasar berada di bawah tekanan.

“Selain itu, ekspor Malaysia pada bulan Januari turun antara 7% dan 10% dibandingkan bulan Desember, memperpanjang penurunan selama tiga bulan berturut-turut,” jelas Varqa dikutip Jumat (2/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.