Menanti Gebrakan AHY Memberantas Mafia Tanah & Menuntaskan Reforma Agraria

Meski hanya memiliki waktu sekitar 8 bulan, AHY berkomitmen dapat melaksanakan tugas dengan baik. Adapun terdapat sejumlah tugas yang harus diselesaikan AHY mulai dari pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), tanah objek reforma agraria hingga memberantas mafia tanah.

Redaksi

21 Feb 2024 - 17.20
A-
A+
Menanti Gebrakan AHY Memberantas Mafia Tanah & Menuntaskan Reforma Agraria

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tiba di Kantor Kementerian ATR/BPN usai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri ATR/BPN menggantikan Hadi Tjahjanto, Rabu (21/2/2024) / BISNIS - Alifian Asmaaysi.

Bisnis, JAKARTA – Komando Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/Kepala BPN) resmi berpindah dari Hadi Tjahjanto ke tangan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/02/2024).

Selama 20 bulan yakni dari 15 Juni 2022 hingga 21 Februari 2024, Hadi Tjahjanto telah menyalurkan sertifikat tanah 101 juta bidang tanah dari Sabang hingga Merauke dari target 126 juta. 

Di tangan Hadi, Kementerian ATR/BPN berhasil mencatatkan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) tertinggi sejak 2017. Tepatnya di tahun 2023, capaian PTSL sebanyak 12,1 juta bidang. Raihan ini jauh lebih tinggi dibandingkan tahun 2022 saat Hadi baru setengah tahun menjabat, yaitu hanya 7,2 juta bidang. Adapun pada 2017, capaian PTSL mencapai 5,4 juta bidang, di tahun 2018 sebanyak 9,3 juta bidang, 2019 sebanyak 11,2 juta bidang, 2020 sebanyak 7,1 juta bidang, dan 2021 sebanyak 11,1 juta bidang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.