Menanti Gebrakan Mitratel di Lantai Bursa

PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. atau Mitratel resmi go public pada Senin (22/11/2021).

Pandu Gumilar & Inria Zulfikar
Nov 22, 2021 - 12:39 AM
A-
A+
Menanti Gebrakan Mitratel di Lantai Bursa

Infografis, IPO PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. - Bisnis

Bisnis, JAKARTA - PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. atau Mitratel resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada awal pekan ini. Aksi korporasi anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. itu pun diproyeksi bakal membawa efek positif bagi pasar modal. 

Emiten berkode MTEL itu berencana melepas 23,49 miliar saham atau setara dengan 28% dari modal disetor dan ditempatkan setelah pelaksanaan initial public offering (IPO). Dalam penjatahan terpusat, alokasi saham yang ditawarkan MTEL meningkat dari minimal 2,5% menjadi 5% sejalan dengan terjadinya kelebihan permintaan.

Mitratel pun diproyeksi mengantongi dana segar Rp18,79 triliun. Nilai tersebut merupakan yang terbesar kedua sepanjang sejarah setelah PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) yang meraih Rp21,9 triliun. Mitratel juga mengukir rekor nilai IPO terbesar dari keluarga BUMN dalam 1 dekade terakhir.

Senior Technical Analyst Henan Putihrai Sekuritas, Liza Camelia Suryanata, memperkirakan pencatatan saham Mitratel akan menjadi katalis positif bagi pergerakan saham induknya, yakni TLKM. Itu karena IPO Mitratel tergolong jumbo dan sangat dinantikan oleh pelaku pasar. 

Selain itu, Mitratel merupakan pemilik menara terbesar di seluruh Indonesia. Dengan dana segar IPO yang mayoritas dipakai untuk belanja modal, posisi MTEL dan Telkom sebagai raja telekomunikasi di Indonesia akan makin kuat.

Setelah go public, Mitratel akan ikut menopang pergerakan saham Telkom. Apalagi, saham TLKM baru saja tembus level breakout tertinggi Rp3.880 per saham

Dia optimistis gerak saham Telkom akan semakin solid, sehingga berpotensi menembus level Rp4.050. Untuk jangka sedikit lebih panjang atau mid term bisa mencapai ke Rp4.300.

Kepala Riset Praus Capital Alfred Nainggolan juga menilai ada dampak positif dari IPO Mitratel terhadap induk usahanya, TLKM. Aksi korporasi MTEL juga bisa dirasakan oleh emiten di sektor menara telekomunikasi.

Editor: Febrina Ratna Iskana
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini