Menanti Jurus Pemerintah Tangkal Tekanan di Pasar SUN Indonesia

Kenaikan suku bunga global telah menurunkan daya tarik pasar surat utang negara (SUN) Indonesia, sehingga sejumlah lelang terakhir pun sepi peminat. Pemerintah pun dituntut melakukan langkah cerdik untuk mengamankan kebutuhan pembiayaan anggarannya yang terancam menghadapi kenaikan cost of fund.

Emanuel Berkah Caesario

18 Mei 2022 - 15.57
A-
A+
Menanti Jurus Pemerintah Tangkal Tekanan di Pasar SUN Indonesia

ilustrasi investasi obligasi

Bisnis, JAKARTA — Pasar surat utang negara (SUN) Indonesia mengalami tekanan yang cukup berat akibat kenaikan suku bunga global yang dipicu oleh kebijakan pengetatan moneter the Fed. Namun, tekanan yang dialami Indonesia masih relatif lebih baik ketimbang sejumlah negara berkembang lain.

Pemerintah Indonesia pun dinilai masih dapat menerapkan sejumlah strategi untuk meminimalisasi potensi risiko akibat tren ini.

Berdasarkan data World Government Bonds, yield SUN Indonesia tenor 10 tahun sudah ada di level 7,455 persen per hari ini, Rabu (18/5). Yield mengalami lonjakan pesat sejak the Fed mengumumkan kenaikan suku bunga acuannya sebesar 50 bps ketika pasar Indonesia sedang libur Lebaran.

Pada akhir April 2022, atau sebelum pengumuman kenaikan suku bunga tersebut, yield SUN 10 tahun masih di level 6,988 persen. Artinya, dalam waktu singkat, yield SUN 10 tahun sudah meningkat 46,7 bps atau hampir sama besarnya dengan tingkat kenaikan suku bunga di AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menanti Jurus Pemerintah Tangkal Tekanan di Pasar SUN Indonesia

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.