Menanti Nantikan Regulasi Asuransi Kendaraan Listrik

Belum adanya aturan khusus tentang asuransi kendaraan listrik menjadi salah satu penyebab pembiayaan kendaraan listrik sulit melaju kencang. Meski beberapa penyelenggara telah memberikan proteksi kendaraan listrik namun masih menggunakan aturan konvensional.

Pernita Hestin Untari

5 Des 2023 - 19.02
A-
A+
Menanti Nantikan Regulasi Asuransi Kendaraan Listrik

Jurnalis melakukan uji berkendara motor listrik di Alva Manufacturing Facility di Cikarang, Jawa Barat pada Rabu (20/9/2023). - Bisnis/Arief Hermawan P.

Bisnis, JAKARTA— Belum adanya aturan khusus tentang asuransi kendaraan listrik menjadi salah satu penyebab pembiayaan kendaraan listrik sulit melaju kencang. Meski beberapa penyelenggara telah memberikan proteksi kendaraan listrik namun masih menggunakan aturan konvensional.

Regulasi untuk asuransi kendaraan listrik dianggap perlu dan butuh segera diterbitkan karena kendaraan listrik memiliki risiko yang berbeda dengan kendaraan konvensional. Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mengebut, hingga saat ini masih mengembangkan draft regulasi asuransi kendaraan listrik, meskipun belum selesai. 

Padahal sebelumnya draft regulasi kendaraan listrik ditargetkan meluncur pada tahun ini. Direktur Eksekutif AAUI Bern Dwiyanto mengatakan, data yang diperlukan untuk penyusunan draft tersebut masih sangat terbatas. Dia pun berharap dapat diselesaikan pada tahun depan. “Semoga ini dapat terwujud segera pada tahun depan,” ungkap Bern kepada Bisnis, Selasa (5/12/2023). 

Dia berujar belum dapat berbicara banyak terkait isi aturan kendaraan listrik itu, namun dia menyebut ada beberapa hal yang menjadi perhatian asosiasi, salah satunya adalah tarif premi asuransi kendaraan listrik. Dia menyebut kemungkinan tarif premi asuransi kendaraan listrik akan lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan konvensional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.