Menanti Neraca Perdagangan Surplus Ke-27 dan Cetak Rekor Baru

Sejauh ini, neraca perdagangan mencatatkan surplus sebanyak 26 kali berturut-turut. Jika pengumuman terbaru neraca perdagangan Agustus mencatatkan surplus berarti hal itu merupakan yang ke-27 dan menjadi rekor tersendiri.

Saeno
Aug 12, 2022 - 11:45 AM
A-
A+
Menanti Neraca Perdagangan Surplus Ke-27 dan Cetak Rekor Baru

Neraca perdagangan Juli 2022 diprediksi masih surplus walau terjadi kontraksi akibat penurunan harga batu bara dan CPO./Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Awal pekan depan Badan Pusat Statistik akan mengumumkan data neraca perdagangan Indonesia. Sejauh ini, neraca perdagangan mencatatkan surplus sebanyak 26 kali berturut-turut. Jika pengumuman terbaru neraca perdagangan Agustus mencatatkan surplus berarti hal itu merupakan yang ke-27 dan menjadi rekor tersendiri.

Kemungkinan neraca perdagangan kembali surplus masih terbuka seiring kondisi global dan masih tingginya harga komoditas dunia, termasuk komoditas unggulan Indonesia. Walau demikian, bisa saja surplus yang terjadi lebih rendah dari data Juni. Penurunan harga batu bara dan CPO di pasar dunia akan membuat laju surplus perdagangan melambat. 

“Kami memperkirakan ekspor Indonesia pada Juli 2022 akan tumbuh 23,01 persen secara tahunan atau -8,61 persen secara bulanan,” ujar Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman, Jumat (12/8/2022). 

Sebelumnya, pada Juni 2022 mencetak surplus sebesar US$5,09 miliar. Surplus tersebut melanjutkan surplus yang terus naik sejak Mei 2020. Surplus bulan Juni 2022 terdiri atas surplus nonmigas US$7,23 miliar dan defisit migas US$2,14 miliar. 

Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menanti Neraca Perdagangan Surplus Ke-27 dan Cetak Rekor Baru

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ