Menanti Sinyal Ketangguhan Cadangan Devisa

Meski terjadi kemerosotan kembali, namun sinyal penguatan cadev diprediksi terjadi pada semester kedua tahun ini.

Annasa Rizki Kamalina

5 Apr 2024 - 17.07
A-
A+
Menanti Sinyal Ketangguhan Cadangan Devisa

Ilustrasi cadangan devisa Indonesia dalam mata uang dolar AS/Dok. Bank Indonesia

Bisnis, JAKARTA— Posisi cadangan devisa atau cadev Indonesia menyempit akibat jatuh tempo pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Bank Indonesia atau BI melaporkan cadev menyusut sebesar US$1,3 miliar dibandingkan dengan bulan sebelumnya menjadi Rp145,1 miliar pada Januari 2024. 

Selain pembayaran utang, Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, pada Januari biasanya pemerintah menerbitkan obligasi global, namun tidak dilakukan pada tahun ini. Sehingga cadev semakin susut. Kendati sinyal penguatan masih akan terjadi pada semester kedua tahun ini.

“Kami memperkirakan cadangan devisa Indonesia tahun ini, terutama pada paruh kedua tahun 2024, didukung oleh peningkatan sentimen risk-on,” ujarnya, Kamis (8/2/2024). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.