Menanti Titik Balik Kinerja Bank Usai Lesu di Bulan Pemilu Februari 2024

Industri perbankan mencatatkan kinerja yang lesu sepanjang Februari 2024, ditengarai akibat sikap wait and see debitur menanti kepastian hasil pemilu. Seiring dengan berakhirnya pemilu dalam satu putaran, kinerja perbankan pun berpotensi kembali memantul.

Tim Redaksi

25 Mar 2024 - 17.13
A-
A+
Menanti Titik Balik Kinerja Bank Usai Lesu di Bulan Pemilu Februari 2024

Bisnis, JAKARTA — Aktivitas nasabah perbankan sepanjang Februari 2024 lalu cenderung lesu di tengah fokus masyarakat terhadap pesta demokrasi Pemilihan Umum 2024. Bank laju pertumbuhan kredit maupun dana pihak ketiga (DPK) perbankan terlihat melambat.

Berdasarkan laporan Analisis Uang Beredar yang dirilis Bank Indonesia (BI), kredit yang disalurkan oleh perbankan pada Februari 2024 tercatat sebesar Rp7.047,1 triliun, tumbuh 11% secara tahunan (year-on-year/ YoY), melambat setelah bulan sebelumnya atau Januari 2024 tumbuh sebesar 11,5% YoY.

"Perkembangan tersebut sejalan dengan pertumbuhan penyaluran kredit pada debitur korporasi yang mencapai 13,3% YoY dan debitur perorangan 8,6% YoY," tulis BI dalam laporannya pekan lalu, Jumat (22/3/2024).

Pertumbuhan penyaluran kredit ke debitur korporasi pada Februari 2024 terpantau stagnan di level 13,3%. Adapun, penyaluran kredit ke debitur perorangan melambat dari 9,8% pada Januari 2024 menjadi 8,6% pada Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menanti Titik Balik Kinerja Bank Usai Lesu di Bulan Pemilu Februari 2024

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.