Menanti Tuah Window Dressing dan Santa Clauss Rally pada IHSG

Pasar saham sering kali berkinerja positif pada Desember tiap tahun, tetapi tahun ini kinerja IHSG justru makin melemah di bulan ini, setidaknya hingga pekan lalu, Jumat (9/12/2022). Masih adakah harapan bagi IHSG untuk berbalik arah menuju penguatan kembali?

Emanuel Berkah Caesario

12 Des 2022 - 15.20
A-
A+
Menanti Tuah Window Dressing dan Santa Clauss Rally pada IHSG

Karyawan melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/11/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Kinerja indeks harga saham gabungan atau IHSG sepanjang Desember 2022 ini terus melemah. Meski demikian, kalangan analis belum kehilangan asa. Indeks komposit dinilai masih berpeluang untuk mengalami pembalikan arah pada sisa tahun ini.

Pasar saham pada akhir tahun kerap kali disokong oleh fenomena window dressing maupun santa claus rally. Window dressing merujuk pada fenomena para manajer investasi yang berupaya mempercantik portofolio mereka jelang akhir tahun agar memiliki laporan akhir tahun yang bagus.

Sementara itu, santa claus rally menggambarkan fenomena di mana nilai pasar saham cenderung meningkat selama minggu terakhir bulan Desember dan memasuki dua hari perdagangan pertama tahun baru.

Rally bisa terjadi karena didorong oleh pembelian saham menggunakan bonus liburan akhir tahun atau karena efek liburan. Volume perdagangan yang lebih ringan selama periode liburan memudahkan investor bullish untuk menggerakkan pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menanti Tuah Window Dressing dan Santa Clauss Rally pada IHSG

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.