Menantikan Pemangkasan Suku Bunga

Bank Indonesia (BI) secara mengejutkan menaikan tingkat suku bunga acuan dari 6,00% ke 6,25%. Langkah BI ini lebih bertujuan untuk menstabilkan nilai tukar rupiah yang mengalami depresiasi terhadap dolar AS.

Juky Mariska

25 Mei 2024 - 09.47
A-
A+
Menantikan Pemangkasan Suku Bunga

Juky Mariska, Wealth Management Head, OCBC Indonesia. - Foto BID

Berbeda dengan kinerja pada Maret 2024, performa pasar saham global pada April memperlihatkan pelemahan, dengan Indeks Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq masing-masing turun 5,00%, 4,16%, dan 4,41%.

Selain kinerja saham sektor teknologi yang kurang baik, penurunan ini juga disebabkan oleh rilisan data inflasi AS pada Maret yang kembali meningkat dari 3,20% ke level 3,50% dan PCE price index AS yang kembali menunjukkan kenaikan dari level 2,50% ke 2,70%.

Rilisan data tersebut, tentunya membuat ekspektasi pelaku pasar terhadap pemangkasan suku bunga acuan Federal Reserve (the Fed) akan semakin mundur.

Hal ini dipertegas dari sisi kebijakan moneter AS, dimana pada pertemuan FOMC pada 1 Mei 2024 ini, Federal Reserve kembali mempertahankan tingkat suku bunga acuan AS di 5,25-5,50% dengan agenda menurunkan neraca keuangan pada fase yang paling lambat untuk menopang sektor keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.