Mencari Cara Keluar Jeratan Pinjol Menggugurkan Pengajuan KPR

Pemerintah perlu memberikan terobosan terkait permasalahan kredit macet akibat pinjaman online (pinjol). Pasalnya, banyak masyarakat yang gagal mengajukan KPR karena macet bayar pinjaman online atau paylater.

Yanita Petriella

6 Sep 2023 - 21.49
A-
A+
Mencari Cara Keluar Jeratan Pinjol Menggugurkan Pengajuan KPR

Ilustrasi Jual Beli Rumah. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Kredit pemilikan rumah (KPR) menjadi salah satu pilihan utama respnden dalam membeli rumah primer. Adapun berdasarkan Survei Harga Properti Residensial (SHPR) pada kuartal II tahun 2023, jenis pembiayaan yang menjadi pilihan utama responden dalam melakukan pembelian rumah primer adalah KPR dengan pangsa sebesar 76,02 persen dari total pembiayaan, diikuti oleh tunai bertahap sebesar 17,25 persen, dan secara tunai sebesar 6,73 persen.

Pada kuartal II tahun 2023, pertumbuhan total nilai kredit KPR dan KPA secara tahunan tercatat sebesar 10,54 persen (Year-on-Year/YoY) meningkat dari 7,25 persen (YoY) pada kuartal sebelumnya. Secara kuartal, penyaluran KPR dan KPA juga meningkat sebesar 2,44 persen (Quarter-to-Quarter/QtQ), lebih tinggi dibandingkan kuartal I tahun 2023 yang tumbuh 1,68 persen (QtQ). Sementara itu, pencairan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) pada kuartal II tahun 2023 tercatat sebesar Rp5,964 triliun, atau menurun sebesar 0,27 persen (YoY). 

Namun demikian, masih banyak konsumen yang sulit mendapatkan pembiayaan KPR. Hal ini karena tidak lolos dalam BI checking. Terkait kredit macet tersebut, belum diketahui apakah berasal dari perbankan resmi, pinjaman online, atau paylater

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Friderica Widyasari Dewi Otoritas Jasa Keuangan menyampaikan bahwa buy now pay later (BNPL) sudah terhubung dengan sistem layanan informasi keuangan (SLIK). Jika terdapat tunggakan, maka akan mempengaruhi credit score masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.