Mencari Mobil Listrik Wuling yang Tepat untuk Keluarga & Keliling Kota

Wuling Binguo EV resmi diluncurkan pada pertengahan Desember 2023. Dipatok mulai dari Rp358 juta untuk varian long range atau jarak tempuh 333 km dan Rp408 juta untuk premium range atau 410 km, masa pre-book Binguo EV tercatat hingga 3.000 surat pemesanan kendaraan (SPK).

Jaffry Prabu Prakoso

23 Feb 2024 - 13.52
A-
A+
Mencari Mobil Listrik Wuling yang Tepat untuk Keluarga & Keliling Kota

Pengunjung menguji kendaraan listrik Wuling, yakni Air ev dan Binguo EV pada ajang IIMS 2024 di Jakarta. /Wuling

Bisnis, JAKARTA – Sudah lama Gatot Aryanto tertarik dengan kendaraan listrik. Selain ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi udara, biaya bahan bakarnya sangat irit jika dibandingkan dengan kendaraan konvensional yang menggunakan minyak.

Kelemahannya, mobil listrik tidak ramah di kantong. Oleh karena itu, saat Wuling Air ev diperkenalkan dengan segala gebrakan yang ditawarkan, membuat Gatot sangat ingin menjajalnya. 

Datang ke pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 2022, Gatot bersama keluarga menjajal Air ev yang saat itu perdana meluncur di Tanah Air. Setelah mengetes dan melihat dari dekat kendaraan asal China tersebut, Gatot memutuskan untuk menundanya.

Istri tidak setuju karena kekecilan. Saya juga bilang iya sih. Lalu, tunggu lagi saja. Pasti nanti ada lagi yang lebih baik,” katanya kepada Bisnis akhir pekan lalu.

Setahun menunggu, Wuling mengeluarkan mobil listrik model terbaru, yakni Binguo EV. Kendaraan inilah jawaban atas kesabaran Gatot.

Baca juga: Diskon PPN Kembali Terbit, Mobil Listrik Digadang Bangkit

Akhir tahun lalu, warga asal Legok, Kabupaten Tangerang, Banten itu datang ke salah satu mal dekat rumah. Gatot semakin yakin karena bentuk Binguo EV mirip dengan mobil konvensional pada umumnya. Karena cocok, Gatot memesan Binguo EV. Akhir Januari kendaraan tiba di rumah. 

Gatot adalah pengguna setia Wuling. Sebelumnya dia punya Cortez. Kendaraan itu dia gunakan setiap hari ke kantor. Dua minggu mengendarai Binguo EV, Gatot semakin jatuh hati.

Hal yang paling terasa adalah biaya transportasi. Biasanya, Gatot menghabiskan Rp450.000 dalam seminggu. Dengan Binguo EV, jumlah pengeluaran tersebut bisa untuk sebulan, bahkan masih ada sisa.

Impresi berkendara juga sangat nyaman. Jika dibandingkan dengan kendaraan berdimensi serupa yang dia punya sebelumnya, Binguo EV dia rasa lebih enak.



Gatot memang belum berani menggunakan Binguo EV untuk jarak jauh karena kebutuhannya hanya dari rumah ke kantor dan sebaliknya. Akan tetapi sepekan setelah memiliki mobil listrik, dia coba untuk wisata singkat bersama keluarga ke Bogor, Jawa Barat.

Rumah saya ke Kota Bogor sekitar 71 km. Dilihat dari spesifikasi Binguo EV, cukup untuk bolak-balik. Keliling Bogor paling habis berapa kilometer. Lalu pas saya hitung cuma habis sekitar Rp30.000. Ah murah banget ini,” jelasnya.

Wuling Binguo EV resmi diluncurkan pada pertengahan Desember 2023. Dipatok mulai dari Rp358 juta untuk varian long range atau jarak tempuh 333 km dan Rp408 juta untuk premium range atau 410 km, masa pre-book Binguo EV tercatat hingga 3.000 surat pemesanan kendaraan (SPK).

Baca juga: Pasar Melambat, Wuling Binguo EV Melaju Cepat

Kendaraan ini berukuran 3.950 mm x 1.708 mm x 1.580 mm dengan wheelbase 2.560 mm. Baterai yang digunakan adalah lithium ferro-phosphate dengan kapasitas 31,9 kWh untuk jarak tempuh 333 km dengan drive motor 50 kW. Lalu, jarak 410 km memiliki kapasitas baterai 37,9 kWh dengan drive motor 50 kW.

Pada bulan pertama peluncuran, Binguo EV mencatatkan total penjualan secara wholesale sebanyak 1.393 unit. Lalu pada Januari naik menjadi 1.876 mobil.

Di saat yang sama, kendaraan yang diproduksi di fasilitas pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat itu telah menjalani proses verifikasi dengan memperoleh hasil 47,5% untuk nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Sales and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan bahwa hasil tersebut menjadikan Binguo EV sebagai salah satu kendaraan listrik yang diproduksi di Indonesia dan telah memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif PPN. 

Melalui langkah ini, Wuling terus berkomitmen pada semangat 'Drive For A Green Life' untuk menjadikan inovasi dan keberlanjutan berjalan seiringan untuk Indonesia yang lebih hijau,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.