Mencari Model Pembiayaan Kesehatan Global Pasca Covid-19

Inisiatif global demi tercapainya akses yang setara untuk vaksin Covid-19 bergaung lewat COVAX atau COVID-19 Vaccines Global Access.

Saeno

18 Feb 2022 - 20.09
A-
A+
Mencari Model Pembiayaan Kesehatan Global Pasca Covid-19

Ilustrasi/Bisnis-Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA – Sepanjang pandemi Covid-19 lalu lintas distribusi vaksin ke negara-negara berkembang berlangsung nyaris tanpa henti. Inisiatif global demi tercapainya akses yang setara untuk vaksin Covid-19 bergaung lewat COVAX atau COVID-19 Vaccines Global Access.

Inisiatif global ini bisa berjalan berkat peran Global Alliance for Vaccines and Immunization (GAVI), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI).

Namun, dunia tak bisa terus menerus mengandalkan inisiatif ad hoc untuk mengatasi wabah di masa depan. Diperlukan persiapan dan kesiapan global untuk mengantisipasi terjadinya wabah lain di kemudian hari. Dunia perlu memiliki sistem yang dapat melakukan pencegahan, kesiapsiagaan dan respons atas wabah yang mungkin terjadi.

Melalui posisinya dalam keketuaan atau Presiden G20, Indonesia menggelindingkan usulan adanya pembiayaan kesehatan global. Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan salah satu kesenjangan dalam arsitektur kesehatan global saat ini adalah masalah pembiayaan PPR (prevention, preparedness, and response).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.