Mencari Sektor Potensial Emiten Anyar di Lantai Bursa

Gerbong emiten yang mencatatkan saham perdana di lantai bursa semakin panjang. Setidaknya sudah tercatat 65 emiten yang melakukan aksi initial public offering/IPO. Bahkan catatan tersebut telah melebih sepanjang tahun lalu yang hanya 59 emiten anyar.

Asteria Desi Kartikasari

9 Sep 2023 - 11.38
A-
A+
Mencari Sektor Potensial Emiten Anyar di Lantai Bursa

Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA— Gerbong emiten yang mencatatkan saham perdana di lantai bursa semakin panjang. Setidaknya sudah tercatat 65 emiten yang melakukan aksi initial public offering/IPO. Bahkan catatan tersebut telah melebih sepanjang tahun lalu yang hanya 59 emiten anyar.

Teranyar, ada anak perusahaan ritel Kanmo Group PT Multitrend Indo Tbk. (BABY) yang resmi melantai di Bursa pada Kamis (7/8/2023). Berdasarkan data BEI per 1 September 2023, masih ada 26 perusahaan yang mengantre untuk IPO. Tujuh di antaranya merupakan perusahaan dengan aset jumbo atau di atas Rp250 miliar. Lalu, ada 15 calon emiten dengan aset skala menengah yakni antara Rp50 miliar hingga Rp250 miliar. 

Sedangkan empat perusahaan lainnya merupakan perusahan dengan aset kala kecil di bawah Rp50 miliar. Adapun,sejumlah perusahaan IPO masih akan memiliki prospek yang menarik pada 2024. Kondisi tersebut dibenarikan oleh analis Jasa Utama Capital Cheryl Tanuwidjaja menilai bahwa sejumlah perusahaan IPO masih akan memiliki prospek yang menarik pada 2024.

Menurutnya, para investor cenderung akan mencermati emiten yang memiliki prinsip pengelolaan bisnis yang sesuai dengan target pemerintah yaitu Environmental, Social, and Governance (ESG). ESG sendiri merupakan konsep yang mengedepankan kegiatan pembangunan, investasi, serta bisnis berkelanjutan sesuai dengan lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.