Mencari Solusi Integrasi Sistem Pembayaran Digital Skala Asean

Integrasi dan keberlanjutan sistem pembayaran menjadi sorotan utama perbankan berskala Asean. Sekitar 200 perwakilan asosiasi perbankan negara-negara tersebut setuju untuk lebih serius mengkaji lahirnya regulasi terpadunya integrasi sistem pembayaran di kawasan Asia Tenggara.

Asteria Desi Kartikasari

2 Des 2022 - 23.57
A-
A+
Mencari Solusi Integrasi Sistem Pembayaran Digital Skala Asean

Ilustrasi pembayaran mobile menggunakan ponsel pintar/flickr

Bisnis, JAKARTA— Integrasi dan keberlanjutan sistem pembayaran menjadi sorotan utama perbankan berskala Asean. Sekitar 200 perwakilan asosiasi perbankan negara-negara tersebut setuju untuk lebih serius mengkaji lahirnya regulasi terpadunya integrasi sistem pembayaran di kawasan Asia Tenggara. 

Adapun ide tersebut dibahas dalam pertemuan 50th ASEAN Banking Council (ABC) Meeting yang berlangsung di Nusa Tenggara Timur (NTT). Bank Indonesia juga menyambut baik inisitif itu dan berkomitmen penuh dalam mendukung konektivitas serta integritas pembayaran di kawasan Asean. 

“Bank Indonesia menyambut baik inisiatif ini. Kami menilai positif karena jika terjadi integrasi dan masing-masing negara terkoneksi akan mudah dalam transaksi perbankan. Kalau hambatan ini ditiadakan akan mampu meningkatkan volume dan transaksi sistem pembayaran di skala Asean,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dikutip pada Jumat (2/11/2022).

Menanggi persoalan koneksi bank antar negara tersebut, Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia menjelaskan sejumlah hambatan yang mungkin saja terjadi. Salah satunya, perbedaan nilai tukar nominal atau kurs yang perlu menjadi perhatian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mencari Solusi Integrasi Sistem Pembayaran Digital Skala Asean

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.