Mencegah Kepungan Inflasi Daerah Perparah Inflasi Maret 2023

Naiknya harga beras belakangan menjadi semacam pemanasan atas kemungkinan lonjakan inflasi pada Maret sejalan berlangsungnya bulan puasa Ramadan 2023. Persiapan menghadapi potensi kenaikan inflasi dilakukan dengan memperbaiki kondisi inflasi di daerah.

Saeno

10 Feb 2023 - 18.35
A-
A+
Mencegah Kepungan Inflasi Daerah Perparah Inflasi Maret 2023

Harga beras termasuk salah satu faktor yang bisa menambah tinggi inflasi daerah dan nasional./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis, JAKARTA – Setelah dua bulan bersiap, pemerintah mulai dihadapkan pada kemungkinan kenaikan inflasi di sektor pangan.  Naiknya harga beras belakangan menjadi semacam pemanasan atas kemungkinan lonjakan inflasi pada Maret sejalan berlangsungnya bulan puasa Ramadan 2023. Persiapan menghadapi potensi kenaikan inflasi dilakukan dengan memperbaiki kondisi inflasi di daerah. Hal itu bisa dimaklumi karena inflasi di daerah akan menyumbang inflasi nasional secara agregat.

Inflasi musiman, meski setiap tahun terjadi, tetap menjadi faktor yang harus diantisipasi. Ekspektasi inflasi cendrung meningkat, sehingga jaminan pasok menjadi obat generik yang dinilai ampuh untuk mengendalikan pasar. 

Sejauh ini, seperti terjadi pada akhir 2022, pemerintah melalui Tim Pengedanli Inflasi Pusat dan Tim Pengendali Daerah bersama pihak terkait lain, berhasil menekan ancaman lonjakan inflasi. Dengan pengalaman yang ada, mestinya ancaman inflasi pada Maret 2023 pun bisa ditangani.

Sementara itu, survei Bank Indonesia (BI) mengindikasikan potensi meningkatnya tekanan inflasi pada Maret 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mencegah Kepungan Inflasi Daerah Perparah Inflasi Maret 2023

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.