Mencegah 'Pembunuhan' Industri Domestik Akibat Pakta Dagang

Agar industri domestik dapat bersaing, pemerintah hendaknya memberikan insentif untuk mengintervensi struktur biaya produksi sehingga dapat mengejar keunggulan kompetitif dari negara mitra pakta dagang bilateral.

Wike D. Herlinda

1 Apr 2022 - 16.00
A-
A+
Mencegah 'Pembunuhan' Industri Domestik Akibat Pakta Dagang

Pekerja menyelesaikan pembuatan kerudung sablon, di Kampung Cinehel, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (20/3)./Antara-Adeng Bustomi

Bisnis, JAKARTA — Berbagai pakta dagang yang diinisiasi Pemerintah Indonesia dengan para mitra dagang tidak selamanya menjadi angin segar bagi penguatan industri domestik. Alih-alih segelintir sektor justru merasa terancam dengan kehadiran kerja sama perniagaan bilateral. 

Ancaman tersebut setidaknya dirasakan oleh industri tekstil dan produk tekstil (TPT) terhadap kehadiran Indonesia-Bangladesh Preferential Trade Agreement (IB-PTA), yang masih dalam tahap pembahasan.

Menurut Ketua Ikatan Pengusaha Konveksi Bandung (IPKB) Nandi Herdiaman, pelaku industri TPT sebenarnya sedang menikmati geliat pasar dalam negeri setelah sejumlah kebijakan pasar domestik diberlakukan.

(BACA JUGA: Dilema Impor untuk Pulihkan Industri TPT pada 2022)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mencegah 'Pembunuhan' Industri Domestik Akibat Pakta Dagang

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.