Mendag Lobi Dua Produsen Kendaraan Listrik China Investasi di RI

Pihak NIO dan CRRC EV dikabarkan menyambut baik tawaran untuk berinvestasi di Indonesia. Dua produsen kendaraan listrik asal China itu melihat adanya potensi untuk mengembangkan ekosistem EV di Indonesia.

Dwi Rachmawati

19 Okt 2023 - 13.06
A-
A+
Mendag Lobi Dua Produsen Kendaraan Listrik China Investasi di RI

Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan melakukan pertemuan dengan Vice President China Railway Rolling Stock Corporation Electric Vehicle (CRRC EV) Co. Ltd di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok. /Dok. Kemendag

Bisnis, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) merayu produsen kendaraan listrik (electric vehicle/EV) asal China, NIO dan CRRC untuk memproduksi barang mereka di Indonesia.

Zulhas optimistis penjajakan pengembangan EV dengan China dapat mewujudkan komitmen Indonesia menuju net zero emission dan percepatan dekarbonisasi.

"Indonesia berkomitmen kuat dalam mengembangkan ekosistem EV. Kami bertemu dengan produsen EV China dan menjajaki berbagai kemungkinan," ujar Zulhas saat bertemu Direktur Finansial NIO Steven Weng dan Wakil Presiden China Railway Rolling Stock Corporation-Electric Vehicle (CRRC EV) Zang Wei di Beijing, China, dikutip dalam keterangan resmi, Rabu (18/10/2023).

Baca juga: Mengintip Tantangan Mengadang Akselerasi Penjualan Mobil Listrik

Zulhas yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini pun membeberkan bahwa pihak Indonesia menawarkan diri untuk memfasilitasi investasi NIO dan CRRC EV di Indonesia.

Dia meyakinkan calon investor asal Negeri Tirai Bambu itu bahwa kondisi politik Indonesia masih tetap stabil. Di saat yang sama, adanya potensi ekonomi yang terus tumbuh.

"Berbagai insentif yang disediakan akan menciptakan momentum yang tepat untuk perusahaan EV dalam mengembangkan bisnis mereka di Indonesia," kata Zulhas.




Sementara itu, pihak NIO dan CRRC EV dikabarkan menyambut baik tawaran Zulhas untuk berinvestasi di Indonesia. Dua produsen kendaraan listrik itu melihat adanya potensi untuk mengembangkan ekosistem EV di Indonesia.

Zulhas membeberkan, para produsen EV asal China berharap agar dapat menemukan mitra lokal yang tepat untuk ekspansi bisnis mereka di Tanah Air. Dia pun berharap investasi EV oleh China dapat menjadi roda penggerak perkembangan industri EV dalam negeri.

Baca juga: Toyota-Idemitsu Sepakat Kembangkan Baterai Solid State

"Saya kembali menegaskan bahwa ini adalah saat yang tepat bagi perusahaan EV China untuk mulai berinvestasi di Indonesia," ujar Zulhas.

Sebagai informasi, Mendag Zulhas menjadi salah satu menteri yang mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan ke Beijing, China untuk menghadiri Forum KTT Kerja Sama Internasional Belt and Road, Forum Bisnis Indonesia-China dan pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping sejak 16–18 Oktober 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.