Mendag Perkirakan Panen Raya Beras Terjadi pada Maret

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memperkirakan panen raya berlangsung pada Maret. Di saat yang sama, harga beras relatif stabil dan akan turun pada Februari.

Jaffry Prabu Prakoso

14 Jan 2023 - 13.44
A-
A+
Mendag Perkirakan Panen Raya Beras Terjadi pada Maret

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bersama Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto melakukan panen padi perdana di tahun 2023 di Sawah Agro Wisata Organis Mulyaharja, Bogor. /Kemendag

JAKARTA – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan panen padi perdana tahun 2023 di sawah agro wisata organis Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor. Di saat yang sama, panen raya beras diperkirakan terjadi pada Maret.

"Panen di Mulyaharja Kota Bogor ini adalah awalan. Kita baru akan panen raya perkiraan Maret nanti," katanya saat panen didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dikutip melalui keterangan pers, Sabtu (14/1/2023)

Pria yang disapa Zulhas itu menjelaskan bahwa pemerintah telah menetapkan batas terakhir impor beras adalah Maret.

Beras impor dari Vietnam sebanyak 5.000 ton tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (16/12/2022) / BISNIS-Annasa Rizki Kamalina.

"Setelah maret, saat sudah panen raya tidak boleh lagi impor beras," jelas Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini.

Kepada Bima Arya, Zulhas memuji karena di Kota Bogor masih ada agro eduwisata organik Mulyaharja yang tidak hanya mendukung ketahanan pangan, namun juga bisa menjadi objek wisata serta perdagangan produk lokal.

"Di sini ada sawah, ada kebun sayur mayur, ada kolam ikan, buah-buahan, bahkan ada juga coffeeshop dan produk kreatif sepatu karya warga lokal," pungkasnya.

Baca juga: Alarm Impor Beras Jelang Panen Raya

Harga Beras Segera Turun

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa harga mayoritas pangan usai tahun baru relatif stabil, meski terjadi kenaikan harga beras.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat meninjau aktivitas perdagangan dan mengecek harga komoditas di Pasar Sentul, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (8/1/2023) pagi.

Baca juga: Pantau Pasar Daerah, Mendag Pastikan Stok dan Harga Bapok Stabil

“Hanya satu mungkin beras yang mungkin memang naik, tetapi saya melihat nanti di bulan Februari akan mulai turun karena kita mulai panen [beras],” ucap Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (8/1/2023).

Sebelumnya saat menyusuri pasar, Presiden Jokowi terlihat berbincang dengan beberapa pedagang menanyakan harga kebutuhan pokok di sana. Oka, salah satu pedagang sembako menyampaikan bahwa harga beras saat ini mengalami kenaikan.

“Malah naik [harga beras], belum turun malah naik, naik terus, tiap naik Rp200, Rp500,” jelas Oka, dikutip dari siaran pers.

Meski harga beras masih naik, Presiden berharap stabilitas harga bahan pokok dapat terjadi di pasar-pasar lain di Tanah Air. “Kita harapkan stabilitas seperti ini tidak hanya terjadi di Yogya saja tetapi juga di pasar-pasar di provinsi yang lain,” lanjutnya.


Pedagang menunjukkan telur di Jakarta, Minggu (31/7/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani


Selain itu, Presiden juga berharap aktivitas perdagangan bisa kembali semarak setelah pemerintah mencabut kebijakan PPKM.

“Kita harapkan itu, kan baru aja kan [pencabutan kebijakan PPKM], baru seminggu, dua minggu, saya kira efeknya akan kelihatan nanti di bulan Februari,” katanya. (Indra Gunawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.