Mendengar Suara dari Merangin, Belajar Mengelola Lahan

Indonesia telah mengambil langkah tegas untuk menghindari deforestasi dan mendorong pertumbuhan hijau di Jambi. Indonesia telah membuat komitmen yang signifikan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK), sementara laju deforestasi telah menurun selama 4 tahun berturut-turut pada 2017 hingga 2020.

M. Syahran W. Lubis

30 Apr 2022 - 22.17
A-
A+
Mendengar Suara dari Merangin, Belajar Mengelola Lahan

------------------------------------

Bisnis, JAKARTA – Jambi merupakan rumah bagi hutan dan lahan gambut yang mengatur aliran air, menyimpan karbon, mendukung keanekaragaman hayati, dan sumber kehidupan bagi warga tradisional seperti masyarakat Talang Mamak, Orang Rimba, dan Melayu.

Namun, pemandangan yang kaya ini dengan cepat menghilang. Hutan alam dulunya menutupi 40% Jambi pada 2006, pada 2017 turun menjadi hanya 22%, berdasarkan analisis citra satelit Jambi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Emisi dari sektor pertanian, hutan, dan tata guna lahan menyumbang lebih dari 85% dari total emisi di Jambi.

André Rodrigues de Aquino dan Efrian Muharrom menyampaikan pandangan mereka dalam laman resmi Bank Dunia. Keduanya mengunjungi Jambi tahun lalu dan dituangkan dalam tulisan ilmiah bulan lalu. De Aquino adalah Spesialis Senior Manajemen Sumber Daya Alam di Praktik Global Lingkungan dan Sumber Daya Alam Bank Dunia. Saat ini dia berkantor di Perwakilan Bank Dunia di Maputo, Mozambik.

Sementara itu, Efrian adalah pakar lingkungan di Program Global Lingkungan, Pengelolaan Sumber Daya, dan Ekonomi Biru, terutama mendukung proyek-proyek yang berkaitan dengan program pengurangan emisi, kehutanan, dan perubahan iklim. Dia berpengalaman lebih dari 13 tahun dalam pengurangan emisi berbasis lahan, kebijakan hutan dan perubahan iklim, inisiatif konservasi hutan, dan pengaturan kelembagaan inisiatif terkait solusi iklim alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mendengar Suara dari Merangin, Belajar Mengelola Lahan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.