Mendongkrak Kinerja Ekspor CPO 2023 Usai Lewati Tahun Sulit

Industri sawit membidik pertumbuhan kinerja ekspor CPO pada 2023 setelah sempat terombang ambil sepanjang 2022 akibat larangan ekspor di tengah tahun.

Rayful Mudassir

23 Des 2022 - 18.34
A-
A+
Mendongkrak Kinerja Ekspor CPO 2023 Usai Lewati Tahun Sulit

Bisnis, JAKARTA - Kinerja ekspor crude palm oil  akan kembali digenjot pada 2023 usai gejolak panjang yang mendera industri sawit pada tahun ini. Meski dana kelolaan dari ekspor sawit diproyeksi turun, harga komoditas ini diyakini bakal tetap moncer pada tahun depan. 

Ekspor minyak sawit mentah dan turunannya mengalami pasang surut sejak pertengahan tahun. Lonjakan harga minyak goreng di dalam negeri pada awal 2022 memaksa pemerintah menyetop ekspor CPO dan turunannya selama beberapa pekan. 

Situasi ini memberikan pukulan telak bagi industri sawit termasuk eksportir. Tahun ini, ekspor CPO diperkirakan menyentuh 34,67 juta ton hingga akhir tahun dengan nilai US$30,80 miliar.

BACA JUGA: KALEIDOSKOP 2022: Asa Komoditas Sawit (CPO) di Balik Tahun Sulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mendongkrak Kinerja Ekspor CPO 2023 Usai Lewati Tahun Sulit

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.