Mendongkrak Triliunan Proyek Mangkrak

Proyek mangkrak senilai Rp708 triliun masih diselesaikan pemerintah. Di sisi lain, sejumlah masalah ditengarai menjadi faktor utama mandeknya deretan proyek tersebut.

Rayful Mudassir

19 Jun 2022 - 20.21
A-
A+
Mendongkrak Triliunan Proyek Mangkrak

Bisnis, JAKARTA - Investasi mangkrak senilai Rp709 triliun menjadi persoalan penting yang harus diselesaikan segera. Terlebih perkara tersebut telah diketahui sejak 2020. Kementerian terkait sempat berkomitmen bahwa masalah itu akan selesai pada tahun ini. Bakal berhasil?

Mandeknya sejumlah proyek ini ditengarai disebabkan oleh sejumlah persoalan. Mulai dari aturan yang tumpang tindih hingga ego sektoral di kementerian dan lembaga maupun daerah. Walhasil, investasi sebagian proyek jalan ditempat. 

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut kondisi itu mendasari pemerintah membentuk Satuan Tugas Percepatan Investasi. Satgas tersebut mulai menindak investasi mangkrak sehingga dapat segera terealisasi. 

Sejak dibentuk pada 5 Mei 2021 hingga kini, Satgas telah menindaklanjuti investasi mencapai lebih Rp32,5 triliun. Bila dilihat dari total proyek mangkrak, maka angka tersebut cenderung kecil sekitar 4,59 persen dari keseluruhan nilai investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Mendongkrak Triliunan Proyek Mangkrak

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.