Mendorong Aglomerasi Pabrik, Mengejar Target Cukai Rokok

Aglomerasi pabrik rokok menjadi cara baru untuk mengungkit kembali penerimaan cukai rokok yang menurun sekaligus memberantas peredaran rokok ilegal, setelah pendekatan kawasan industri dinilai kawasan industri.

Fatkhul Maskur

25 Sep 2023 - 08.12
A-
A+
Mendorong Aglomerasi Pabrik, Mengejar Target Cukai Rokok

Pada periode Januari-Agustus 2023, penerimaan CHT sebesar Rp126,8 triliun, turun 5,8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu Rp134,65%. - Foto BID

Bisnis, JAKARTA - Aglomerasi pabrik rokok menjadi cara baru untuk mengungkit kembali penerimaan cukai rokok yang menurun sekaligus memberantas peredaran rokok ilegal, setelah pendekatan kawasan industri dinilai kawasan industri.

Aglomerasi merupakan pengumpulan atau pemusatan pabrik dalam suatu tempat, lokasi, atau kawasan tertentu. Dalam hal ini, pemerintah menetapkan aglomerasi pabrik hasil tembakau (APHT) sebagai metode untuk mengumpulkan produsen rokok.

Kebijakan APHT diatur dalam PMK nomor 22 tahun 2023 tentang Aglomerasi Pabrik Hasil Tembakau yang mulai berlaku sejak 14 Maret 2023. Peraturan ini sekaligus mencabut PMK nomor 21 tahun 2020 tentang Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT).

Sejatinya, berdasarkan PMK 21, pemerintah telah menetapkan dua KIHT, yaitu Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan; dan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.