Mendorong Hulu Pertanian Tak Lagi Gagap Teknologi

Penerapan Internet of Things (IoT) misalnya, mampu membantu petani mendeteksi kondisi tanah, keadaan cuaca, memantau potensi serangan hama dan lain sebagainya.

Rustam Agus

18 Mar 2022 - 18.00
A-
A+
Mendorong Hulu Pertanian Tak Lagi Gagap Teknologi

Ilustrasi pertanian modern / Antara

Bisnis, JAKARTA – Rendahnya produktivitas hingga kini masih jadi tantangan di hulu sektor pertanian Indonesia sehingga daya saingnya dalam rantai pasok global masih minim.

Karena itu adopsi teknologi digital perlu dipercepat agar pemanfaatan input pertanian menjadi lebih maksimal guna meningkatkan produktivitas dan kinerja sektor pertanian.

Lembaga penelitian Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) mencatat produktivitas padi, kedelai, dan bawang merah cenderung landai dalam beberapa tahun terakhir.

Rinciannya hanya 5 ton per hektare gabah kering giling (GKG), 1,5 ton per ha biji kering kedelai, dan 10 ton per ha bawang merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.