Menduga Basis Pemajakan di IKN Nusantara

Otorita IKN dapat merencanakan pungutan pajak dan atau pungutan khusus di atas wilayah seluas lebih dari 250.000 hektare. Namun, sejauh ini belum diketahui basis pamajakan apa saja yang akan diterapkan di wilayah IKN.

Saeno

22 Feb 2022 - 16.21
A-
A+
Menduga Basis Pemajakan di IKN Nusantara

Ilustrasi - Desain eksterior Istana Presiden di IKN Nusantara/Antara-@nyoman_nuarta

Bisnis, JAKARTA –  Undang-Undang Nomor 3/2022 tentang Ibu Kota Negara mengatur bahwa Otorita IKN dapat memungut pajak dan/atau pungutan khusus sebagai sumber pendanaan IKN. Dengan demikian, Otorita IKN dapat merencanakan pungutan pajak dan atau pungutan khusus di atas wilayah seluas lebih dari 250.000 hektare. Namun, sejauh ini belum diketahui basis pamajakan apa saja yang akan diterapkan di wilayah IKN.

Sebagian besar lahan IKN saat ini masih berupa hutan tersebut. Dalam perencanaannya, hanya 20 persen dari wilayah IKN yang akan dibangun untuk Ibu Kota.

Persoalan basis pajak ini menjadi pertanyaan mendasar terkait rencana pemerintah membiayai IKN. Itu sebabnya, Center for Indonesia Taxation Analysis atau CITA menilai kewenangan Badan Otorita Ibu Kota Negara untuk menarik pajak dan/atau retribusi khusus tidak akan berdampak signifikan terhadap penerimaan jika basis pajaknya belum mencukupi.

Manajer Riset CITA Fajry Akbar menilai bahwa UU tersebut memang memberikan kewenangan tambahan bagi Badan Otorita IKN untuk memobilisasi penerimaan di wilayah baru ibu kota. Sumber penerimaan yang ada di dalam teritori ibu kota baru sesuai UU 3/2022 akan menjadi hak Badan Otorita IKN. Meskipun begitu, dia menilai bahwa Badan Otorita IKN belum tentu akan memperoleh penerimaan yang ideal dari kewenangan penarikan pajak dan/atau retribusi khusus itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.