Menebak Arah IHSG Jelang Pemilu 2024

Pasar saham sedang menghadapi tekanan bertubi-tubi, terutama akibat sentimen negatif volatilitas ekonomi global dan konflik geopolitik. Di sisi lain, sentimen pemilu pun tak selalu positif. Meski begitu, masih ada peluang bagi investor untuk memburu keuntungan dari pasar saham.

Dionisio Damara

28 Okt 2023 - 16.40
A-
A+
Menebak Arah IHSG Jelang Pemilu 2024

Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Rabu (30/8/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Momentum Pemilu 2024 hadir di tengah sejumlah tantangan yang membayangi kinerja perekonomian global dan domestik. Dalam kondisi tersebut, arah gerak pasar saham tahun depan pun menjadi penuh teka-teki.

Pandangan kalangan analis terbagi dalam menilai prospek pasar saham tahun depan menghadapi momentum pemilu. Secara umum, pemilu cenderung meningkatkan perputaran uang di masyarakat seiring dengan mengalirkan kucuran dana kampanye. Apalagi, tiga pemilu akan digelar tahun depan, yakni presiden, legislatif, dan kepala daerah.

Namun, saat ini kondisi perekonomian Indonesia sedang cukup menantang, terutama akibat sentimen global. Suku bunga acuan sedang tinggi-tingginya, sejalan dengan peningkatan suku bunga bank sentral dunia dan antisipasi tersendatnya rantai pasok global akibat konflik geopolitik.

Hal ini menjadikan prospek penguatan konsumsi dan daya beli efek pemilu berpotensi terhambat. Lantas, bagaimana pengaruhnya terhadap pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG)?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menebak Arah IHSG Jelang Pemilu 2024

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.