Menebak Oleh-Oleh Jokowi dari KTT BRICS

Hampir dipastikan bergabung dengan aliansi BRICS, Presiden Jokowi menghadiri KTT pertemuan lima negara tersebut di Afrika Selatan pekan ini. Kiranya, oleh-oleh apa yang bakal dibawa Presiden pulang dari sana?

Rinaldi Azka

21 Agt 2023 - 21.04
A-
A+
Menebak Oleh-Oleh Jokowi dari KTT BRICS

Ilustrasi bendera negara anggota BRICS./Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memulai rangkaian kunjungan ke sejumlah negara di kawasan Afrika, yakni ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan sejak Minggu (20/8/2023).

Sejumlah pengamat pun meyakini bahwa Presiden Ke-7 RI tak ingin pulang dengan tangan hampa dalam kunjungan perdananya ke kawasan Afrika. Tak hanya diyakini bertujuan untuk memperkokoh solidaritas di antara negara-negara selatan global, tetapi ada maksud sosial politik yang ingin ditunjukkan oleh Jokowi.

Apalagi, kunjungan Kepala Negara di kawasan Afrika nantinya akan diakhiri dengan mengunjungi Afrika Selatan untuk memenuhi undangan dalam menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS 2023.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago meyakini bahwa kunjungan kenegaraan ke Afrika Selatan perlu untuk dilakukan Presiden asal Surakarta itu. Mengingat, tak lama lagi masa kepemimpinannya akan usai dan dirinya perlu mewarisi diplomasi politik yang baik sebagai bekal pemimpin Negara selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.