Menelusuri Asal Usul Wayang Kulit, Benarkah Asli dari Indonesia?

Produsen pakaian dan sepatu, Adidas, pernah membuat desain sepatu dengan motif wayang. Namun, mereka menyebut sempat menyebut wayang kulit sebagai kesenian budaya dari Malaysia.

Redaksi

20 Des 2021 - 15.23
A-
A+
Menelusuri Asal Usul Wayang Kulit, Benarkah Asli dari Indonesia?

wayang - Jibifoto.com

Bisnis, JAKARTA - Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki beragam kebudayaan. Tak ayal jika negara berpenduduk 276 juta jiwa tersebut memiliki beragam kesenian. 

Salah satunya kesenian yang cukup terkenal yaitu wayang kulit. Kesenian wayang kulit berasal dari Pulau Jawa. 

Kesenian tersebut dimainkan oleh seorang dalang yang dilengkapi oleh irama gamelan serta nyanyian sinden. Kesenian wayang kulit biasanya hadir di saat perayaan pesta pernikahan atau khitanan. 

Wayang kulit juga kerap ditampilkan dalam produk fesyen, seperti baju batik yang biasanya menggunakan motif dari bentuk wayang kulit. Ada juga yang menerapkan bentuk wayang kulit sebagai desain sepatu. 

Seperti yang dilakukan oleh perusahaan sepetu terkenal, Adidas, yang menggunakan sepatu berdesain wayang. Produk tersebut diberi nama Ultraboost DNA City Pack 'Wayang Kulit' dan diluncurkan pada bulan lalu. 


Adidas


Namun, Adidas langsung mendapatkan protes dari netizen Indonesia karena menyebut wayang kulit berasal dari Malaysia. Hal itu pun memunculkan tanda tanya, apakah benar wayang kulit berasal dari Malaysia atau Indonesia? 

Berdasarkan penelusuran Bisnis dari Portal Informasi Indonesia, wayang dikategorikan sebagai warisan kebudayaan masa lampau di Nusantara. Wayang pun didefinisikan sebagai seni pertunjukkan yang identik dengan budaya Jawa.

Hal itu sejalan dengan perkembangan wayang kulit yang memang berkembang pesat di wilayah Jawa, tepatnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Jan Laurens Andries Brandes, budayawan sekaligus filolog asal Belanda, berpendapat bahwa wayang memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan sosial, kultural, dan religius di Jawa. 

Pertunjukkan wayang memperlihatkan kebudayaan Indonesia, seperti gamelan, bentuk-bentuk metrik, dan batik. Begitu pula dengan istilah-istilah teknis yang dipakai, yang mana menggunakan bahasa Jawa, bukan Sansekerta. 

Jika mengutip laman UNESCO, wayang kulit juga diakui sebagai seni tradisional dari Jawa dan Bali. Pada 7 November 2003 lalu, UNESCO bahkan sudah mengakui pertunjukan wayang kulit sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity dari Indonesia. 

Adapun pengakuan dari UNESCO tersebut didasarkan pada fakta keragaman manifestasi seni pertunjukan wayang kulit di Indonesia itu sendiri. Meski begitu, harus diakui bahwa wayang tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga negara lain, di antaranya Malaysia, India, dan China.

Dengan penjelasan tersebut, sudah jelas bahwa wayang kulit memang berasal dari Indonesia. Meskipun tidak menutup kemungkinan kesenian wayang kulit juga diadaptasi oleh negara lain.  (Aliftya Amarilisya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Febrina Ratna Iskana

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.