Menelusuri Benang Kusut Hindari 'Bom Waktu' Bisnis Proteksi

Sengkarut kasus asuransi jiwa bermasalah bertubi-tubi mengharuskan setiap industri asuransi hingga regulator perlu terus berbenah diri, untuk mengurai benang kusut satu persatu.

Asteria Desi Kartikasari

20 Feb 2023 - 12.19
A-
A+
Menelusuri Benang Kusut Hindari 'Bom Waktu' Bisnis Proteksi

Ilustrasi Asuransi/Istimewa

Bisnis, JAKARTA— Sederet kasus asuransi masih menjadi sorotan publik karena persamasalah yang tak kunjung keluar. Masih ada asuransi jiwa yang mengalami permasalahan yang mengakibatkan perusahaan gagal bayar. Mereka diantara, PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha Life atau Wanaartha Life (WAL), Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912, hingga PT Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life).

Ultimatum dari regulator pun dikeluarkan dengan menindak tegas perusahaan asuransi jiwa bermasalah berupa pencabutan izin usaha. Belum lama ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha Wanaartha Life. Adapun pencabutan tersebut dilakukan pada Senin (5/12/2022). Musababnya, Wanaartha Life tidak dapat memenuhi ketentuan yang menjadi penyebab dikenakannya sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha (PKU).

Perkembangan baru salah satu kasus adalah Rencana Penyehatan Keuangan (RPK) AJB Bumiputera 1912 mendapatkan lampu hijau dari regulator. Selain itu, OJK juga masih menanti RPK dan konfirmasi pemegang saham yang menyetujui konversi polis menjadi pinjaman subordinasi Kresna Life.

Sebelumnya, Menteri  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta agar seluruh pihak, termasuk pelaku bisnis untuk tidak lengah menyelesaikan permasalahan industri jasa keuangan. Dia tidak ingin masalah tersebut dapat menjadi bom waktu dikemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menelusuri Benang Kusut Hindari 'Bom Waktu' Bisnis Proteksi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.