Menelusuri Penyebab Listrik Padam di Sumatra

Idealnya, reserve margin yang optimal berada di kisaran 24%—35%. Dengan besarnya reserve margin di Sumatra yang mencapai 41%, menunjukkan bahwa sistem kelistrikan di wilayah tersebut mengalami kelebihan pasok.

Arif Gunawan & Lukman Nur Hakim

6 Jun 2024 - 13.10
A-
A+
Menelusuri Penyebab Listrik Padam di Sumatra

Petugas PLN tengah mengerjakan proyek infrastruktur ketenagalistrikan. Istimewa-PLN

Bisnis, JAKARTA — Pemadaman listrik atau blackout besar-besaran yang terjadi hampir serempak di sejumlah daerah di Pulau Sumatra perlu ditelusuri lebih lanjut mengenai penyebab, dampak, dan solusi untuk mangatasi hal tersebut agar kejadian serupa tidak terulang.

Kejadian luar biasa pada Selasa (4/6/2024) menyebabkan dampak yang sangat signifikan terhadap berbagai sektor kehidupan masyarakat, tidak semata menyangkut pasokan listrik yang terhenti saja. Terlebih, pemadaman listrik itu terjadi dalam durasi yang cukup lama bahkan ada yang sampai 24 jam.

Di sisi lain, Sumatra bisa dibilang menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki cadangan listrik berlebih. Jika mengacu pada data PT PLN (Persero) per Desember 2023, sistem kelistrikan Sumatra memiliki cadangan daya yang sangat besar dengan reserve margin sebesar 41%.

Adapun, reserve margin merupakan cadangan daya pada sistem ketenagalistrikan terhadap beban puncak. Tingkat keandalan pasokan listrik di suatu sistem dicerminkan oleh besarnya reserve margin ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.