Free with Login

Menengok Ciri-ciri Konstruksi Rumah Tahan Gempa, Seperti Apa?

Pemilihan lokasi, penggunaan material yang tepat seperti beton bertulang, dan pemilihan fondasi serta struktur bangunan menjadi formula untuk mendapatkan rumah tahan gempa.

Yanita Petriella

23 Nov 2022 - 13.56
A-
A+
Menengok Ciri-ciri Konstruksi Rumah Tahan Gempa, Seperti Apa?

Seorang pekerja sedang membangun rumah

Bisnis, JAKARTA – Memiliki rumah tahan gempa di Indonesia menjadi sebuah keharusan. Memang membangun rumah tahan gempa bukanlah suatu yang mudah. Namun juga bukan sesuatu yang sulit. Dengan bahan bangunan yang memenuhi standar dan penggunaan material yang tepat tentu siapapun bisa membangun rumah tahan gempa. 

Dikutip dari laman Indostreger.co.id, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun bangunan tahan gempa seperti kondisi dan kualitas tanah, pemilihan struktur bangunan, dan berat bahan bangunan. Pemilihan lokasi, penggunaan material yang tepat seperti beton bertulang, dan pemilihan fondasi serta struktur bangunan menjadi formula untuk mendapatkan rumah tahan gempa.

Kepadatan dan kualitas tanah tempat rumah dibangun menjadi perhatian yang khusus. Hal ini menjadi bagian terpenting dalam mendukung konstruksi bangunan rumah secara keseluruhan. Tanah memiliki kepadatan yang baik, tanpa poros atau memiliki rongga pori dan berpasir, dan keras sehingga jika terjadi getaran tanah akibat gempa, maka permukaannya tidak berubah secara ekstrim yang mengakibatkan kerusakan struktur bawah bangunan. 

Di samping itu, perhatikan juga jumlah air yang ada di dalam tanah. Apabila tingkat kejenuhan dan permukaan air kurang dari dua meter, maka ini bukanlah tanah yang baik untuk dipakai mendirikan bangunan rumah di atasnya. Sebaliknya, jika tingkat permukaan air lebih dalam, maka dapat dikategorikan lokasi ini memiliki tanah yang baik dan relatif stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.