Menengok Manuver EMTK Usai Investasi di RANS Entertainmet

EMTK berharap investasi perseroan di RANS Entertainment dapat membuka peluang-peluang baru dan meningkatkan market share.

Ika Fatma Ramadhansari, Pandu Gumilar & Annisa Kurniasari Saumi

12 Nov 2021 - 15.20
A-
A+
Menengok Manuver EMTK Usai Investasi di RANS Entertainmet

Logo PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dan sejumlah portofolio usahanya. - emtek

Bisnis, JAKARTA - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. atau Emtek melalui PT Indonesia Entertainmen Grup, akan berinvestasi Rp248 miliar di RANS Entertainment. Emiten dengan kode EMTK itu pun membidik pendapatan dari konten-konten digital yang diproduksi oleh RANS Entertainment milik artis Raffi Ahmad. 

Indonesia Entertainmen Grup sendiri merupakan cucu usaha dari EMTK dan anak usaha dari PT Surya Citra Media Tbk. (SCMA). Saat ini SCMA menaungi dua saluran TV nasional, yaitu Surya Citra Televisi (SCTV) dan Indosiar Visual Mandiri (Indosiar).

Sekretaris Perusahaan EMTK, Titi Maria Rusli, menjelaskan investasi sebesar Ro248 miliar tersebut bakal disetor secara bertahap untuk kepemilikan saham berkisar 17 persen pada RANS Entertainment. Transaksi itu tidak termasuk dalam transaksi material perseroan karena tidak memenuhi batasan nilai sebagaimana diatur dalam pasal 3 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.10 tahun 2020.

Melalui investasi tersebut, Grup Emtek mengharapkan dampak sinergi di mana klien-klien grup perseroan ataupun para pengiklan dapat mendapatkan one-stop service dari ekosistem grup emiten ini. “Selain itu, grup perseroan juga mengharapkan pertumbuhan market share yang dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan profitabilitas perseroan secara konsolidasi,” tulis Titi dalam penjelasan Emtek di Keterbukaan Informasi, dikutip Jumat (12/11/2021). 

Di sisi lain, SCMA berharap investasi perseroan di RANS Entertainment dapat membuka peluang-peluang baru. Direktur Utama Surya Citra Media Sutanto Hartono mengatakan dengan berinvestasi ke RANS Entertaintment perseroan menargetkan dapat mendominasi konten digital.

Menurutnya kedua entitas bisa berkolaborasi dalam membuat sebuah konten maupun secara masing-masing. “Sehingga mampu memberikan benefit, dan awareness serta engagement yang tinggi,” katanya Jumat (29/10/2021).

Dia berharap kedua entitas mampu memberikan skala ekonomi yang besar. Sutanto membeberkan alasan utama perseroan berinvestasi ke RANS karena para founder bisa konsisten dalam membuat konten.

Menurutnya setiap konten yang dibuat berpotensi viral karena mereka telah tahu rumusnya. Selain itu, RANS juga berani merambah bisnis modal baru yang membuatnya kagum. Oleh sebab itu, SCMA ingin mengaloborasi bisnis dan ide-ide baru.

 

 

Terkait dengan kolaborasi terdekat, Sutanto Hartono yang juga menjabat sebagai Managing Director Emtek Group menjelaskan bahwa pada Minggu ini, SCTV dan RANS akan menayangkan program anniversary, sebagai salah satu simbolis dari kerja sama yang akan dimulai.

“Ini menjadi contoh dari simbolis kolaborasi antara perpaduan RANS Entertainment dan SCMA, starting point-nya. Kita berharap untuk kedepannya akan bergulir lebih banyak lagi” Ucap Sutanto pada konferensi pers yang diadakan online dan offline (29/10/21).

Untuk proyek ke depannya, kedua perusahaan bakal menghadirkan kompetisi Liga 3 Provinsi. Nantinya liga ini akan ditayangkan pada platform RANS dan Vidio.

Upaya itu dilakukan untuk memajukan persepakbolaan Indonesia. “Kita senang untuk membuat sesuatu yang baru menjadi berkembang. Liga 3 juga merupakan hal yang baru untuk kita dan harus kita kembangkan untuk exposure” Ucap Raffi.

Kemudian, kolaborasi berikutnya terkait Bundlifetaiment yang digagas oleh Nagita Slavina. Untuk kedepannya, Bundlifetaiment ingin menghadirkan sebuah media yang dapat mendukung sesama perempuan, untuk membawa semangat baru dan menjadi inspirasi.

“Kita ingin membuat suatu badan, terutama di tengah keadaan ini untuk women support women, yang dapat membawa semangat baru hingga menjadi inspirasi dan semangat, bagi perempuan” ucap Nagita.

Untuk kedepannya, pihak dari SCMA Tidak membatasi kolaborasi RANS baik untuk media apapun ataupun dengan pihak e-commerce. Hal itu untuk mempertahankan ciri khas dari RANS. Adapun Emtek telah menaungi SCTV, Indosiar, PT Omni intivision, Vidio dan beberapa media lainnya. 

 

 

RANS Entertainment Menuju IPO

Raffi juga mengatakan RANS akan mengembangkan segmen bisnis olahraga, FMCG, hiburan, hingga kebun binatang. Dengan masuknya SMCA sebagai mitra, perusahaannya bisa mendongkrak kinerja serta mewujudkan mimpi-mimpinya.

Salah satu mimpi pembawa acara tersebut yaitu membawa RANS Entertainment melantai di bursa. Dalam kanal YouTube Helmy Yahya Bicara, Raffi menuturkan pihaknya saat ini tengah fokus untuk memperkuat fundamental perusahana sebelum resmi menjadi perusahana go public.

Dia menjelaskan, sebelum membawa RANS Entertainment menawarkan sahamnya ke publik atau Initial Public Offering (IPO), perusahaannya ini akan diperkenalkan sebagai korporasi. Nantinya, RANS akan membawahi beberapa bisnis seperti gaya hidup, properti, media, dan sportstainment.

"Jadi banyak, sebenarnya lininya banyak. Mungkin orang enggak tahu, jadi pelan-pelan," tutur Raffi, dikutip Minggu (7/11/2021). 

Langkah lainnya yang ditempuh Raffi yaitu menggandeng putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, sebagai komisaris di RANS Entertainment. "Ada beberapa senior dan beberapa tokoh perorangan yang masuk. Jadi ini istilahnya pre-IPO," ucapnya.

Seperti diketahui, RANS telah menunjuk Sutanto Hartono sebagai Executive Chairman. Ada pula Kaesang Pangarep yang menjadi Komisaris Perusahaan. Lalu Chairman dan Founder Raffi Ahmad, sedangkan Nagita Slavina sebagai CEO. (Jessica Gabriela Soehandoko)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Febrina Ratna Iskana

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.