Menepis Aral Investasi Baterai Kendaraan Listrik

Saat ini makin banyak negara yang memiliki ambisi yang sama dengan Indonesia untuk menjadikan negaranya sebagai basis produksi baterai kendaraan listrik. Kebijakan IRA di AS juga memantik produsen yang memiliki pasar di Negeri Paman Sam berpikir ulang untuk berinvestasi di Indonesia.

Ibeth Nurbaiti

7 Apr 2023 - 12.09
A-
A+
Menepis Aral Investasi Baterai Kendaraan Listrik

Ilustrasi baterai kendaraan listrik. Pemerintah berencana melakukan peralihan investasi pada smelter berteknologi high pressure acid leaching (HPAL) atau hidrometalurgi diharapkan dapat meningkatkan produksi rantai bahan baku baterai kendaraan listrik seperti nikel sulfat dan kobalt sulfat. (Canva)

Bisnis, JAKARTA — Taktik Pemerintah Amerika Serikat (AS) yang memberikan diskon pajak besar-besaran bagi perusahaan negaranya yang berinvestasi di sektor energi bersih melalui Inflation Reduction Act (IRA) menjadi tantangan bagi Indonesia dalam upaya merajai industri baterai kendaraan listrik.

Terlebih, saat ini makin banyak negara yang memiliki ambisi yang sama dengan Indonesia untuk menjadikan negaranya sebagai basis produksi baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Ditambah lagi dengan adanya Undang-Undang (UU) Penurunan Inflasi atau IRA yang diterbitkan pada pertengahan tahun lalu membuat perusahan Negeri Paman Sam itu berlomba-lomba menggandeng investor asing untuk mengembangkan baterai EV di negaranya. 

Baca juga: Berebut Pasar Baterai EV Dunia

Kebijakan IRA di AS juga memantik produsen yang memiliki pasar di Negeri Paman Sam berpikir ulang untuk mengembangkan fasilitas produksinya di Indonesia. Yang terbaru, Ford Motor Co. mengumumkan bakal membangun fasilitas baterai EV di Michigan, AS, dengan menggandeng Contemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL) yang merupakan produsen baterai asal China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.