Menerka Kinerja Pergudangan Modern di Tengah Melambat E-commerce

Dalam beberapa tahun terakhir, kinerja bisnis pergudangan modern yang perkasa ditopang oleh ekspansi masif e-commerce. Di sisi lain, pemerintah tengah membatasi penjualan barang impor pada platform belanja daring tersebut sehingga berdampak pada permintaan pergudangan.

Yanita Petriella

19 Okt 2023 - 19.09
A-
A+
Menerka Kinerja Pergudangan Modern di Tengah Melambat E-commerce

Ilustrasi Belanja e-commerce

Bisnis, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) menerapkan aturan baru terkait proses impor barang ke Indonesia mulai Selasa (17/10/2023). 

Beleid anyar tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 96 Tahun 2003 tentang Kepabeanan, Cukai dan Pajak atas Impor dan Ekspor Barang Kiriman. Peraturan itu sebagai perubahan dari aturan PMK Nomor 199/PMK.010/ 2018. Melalui aturan baru tersebut, semua pelaku usaha akan mendapat kepastian hukum dan aturan yang lebih jelas terkait aturan kepabeanan, cukai dan pajak atas impor dan ekspor barang kiriman.

Beleid ini dilatarbelakangi oleh semakin pesatnya perkembangan bisnis pengiriman barang impor melalui penyelenggara pos yang perlu diimbangi dengan prosedur pelayanan dan pengawasan yang lebih maju.

Aturan tersebut juga telah memberikan mandat kemitraan antara Direktur Jenderal Bea Cukai (DJCB) dan Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) yang tertuang di dalam PMK Nomor 96 Tahun 2023. Dalam PMK tersebut, mengatur kewajiban kemitraan ya antara Bea Cukai dan PPMSE melalui penyampaian data e-catalogue dan e-invoice, sehingga penetapan yang dilakukan bea cukai bisa cepat dan otomatis serta akurat. Berdasarkan PMK Nomor 96 Tahun 2003, Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) wajib melakukan kemitraan dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menerka Kinerja Pergudangan Modern di Tengah Melambat E-commerce

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.