Menerka Nasib 4 Ruas Tol Trans-Sumatra Didepak dari Daftar PSN

Pemerintah mengeluarkan atau mencoret 4 ruas Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS) dari daftar PSN. Hal ini sebagai upaya agar tak ada proyek yang mangkrak selepas Jokowi berhenti menjabat sebagai Presiden. Padahal, Jokowi pernah menargetkan Tol Trans-Sumatra terhubung dari Lampung hingga Aceh pada 2024.

Alifian Asmaaysi

8 Nov 2023 - 22.14
A-
A+
Menerka Nasib 4 Ruas Tol Trans-Sumatra Didepak dari Daftar PSN

Situasi arus lalu lintas di gerbang tol Itera Kotabaru di jalan tol Trans Sumatra Hutama Karya. /dok Bisnis.

Bisnis, JAKARTA – Jelang berakhirnya masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sejumlah proyek strategis nasional (PSN) terus dikebut penyelesaiannya. Jokowi menekankan sejumlah PSN selambat-lambatnya harus rampung penyelesaiannya pada semester I tahun 2024. Seiring hal itu, Jokowi juga mewanti-wanti agar kementerian dan lembaga terkait dapat berkoordinasi dengan baik agar tak ada PSN yang mangkrak. 

Pada rapat terbatas awal Oktober kemarin, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan terdapat beberapa PSN dihentikan atau dikeluarkan dari daftar karena belum dimulai dan belum dikeluarkan dana dari APBN. 

Proyek tersebut yakni Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS) meliputi Tol Rantau – Parapat – Kisaran, Tol Langsa – Lhokseumawe, Tol Lhokseumawe – Sigli, dan Tol Dumai – Sigambal – Rantau. Padahal, Jokowi pernah menargetkan Tol Trans Sumatra terhubung dari Lampung sampai Aceh pada 2024 mendatang, tepat saat masa jabatannya habis. 

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan akhir pembangunan JTTS tahap I hanya diprioritaskan hingga Provinsi Jambi tidak sampai ke Aceh. Saat ini proses pembangunan JTTS tahap I tengah fokus menggarap ruas Betung – Tempino – Jambi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Menerka Nasib 4 Ruas Tol Trans-Sumatra Didepak dari Daftar PSN

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.